Pages

Pemberitahuan

Update dan postingan baru dari blog ini bisa anda temukan di Accounting-Financial-Tax.com. Di situs yang baru ini makin banyak topik di bahas, berbagai accounting standard, concept dan contoh kasus yang bervariasi. Dengn ciri khas yang sama: detail, mendalam, dan practical. Diupdate setiap hari, termasuk perkembangan terkini dari international accounting standard [IAS], International Financial Reporting Standard [IFRS], GAAP Codification [ASC], Auditing Standard, dll. Dan, semuanya disajikan dengan interface yang lebih user friendly, clear navigation yang mengkaitkan antara satu topic dengan topic lain, dengan tingkat accuracy yang selalu dievaluasi dari waktu ke waktu.

"Accounting theories and concept" adalah penting, akan tetapi apalah artinya concept dan theory jika tidak diwujudkan dalam tingkatan implementasi.

Per 2011, saya juga aktif menulis di JurnalAkuntansiKeuangan.com yang di launch baru-baru ini, meskipun tak cukup sering.

Google
 

Nov 29, 2007

PERLAKUAN AKUNTANSI AKTIVA TETAP

Kita sudah pernah bahas tentang aktiva tetap di artikel sebelumnya, yaitu : Prosedur dan Analisa Pengadaan Aktiva Tetap, dan Analisa Pengadaan Aktiva Tetap, yang memang khusus membahas mengenai analisa menjelang pengadaan aktiva tetap bagi yang belum mengikuti, silahkan dibaca.


Rasanya kurang lengkap jika tidak disertai dengan pembahasan mengenai PERLAKUAN AKUNTANSI –nya.

Di artikel kali ini, akan dibahas khusus PERLAKUAN AKUNTANSI AKTIVA TETAP.

Permasalahan Akuntansi aktiva tetap berada pada kisaran 3 fase berikut :

[Phase-1]. Perolehan Aktiva Tetap [-baca-]

Adalah fase di saat-saat aktiva tetap diperoleh hingga aktiva tetap tersebut dapat beroperasi (berfungsi). Permasalahan yang timbul pada fase ini meliputi :

1. Perolehan Aktiva Tetap (Acquisition)
2. Pemasangan Aktiva Tetap (
Installation)

Beserta : Penilaian (pengukuran), Pengakuan (pencatatan) dan Pelaporan (disclosure) atas perolehan aktiva tetap. Baca artikel lengkapnya [-baca-]

[Phase-2]. Penggunaan Aktiva Tetap [-baca]

Permasalahan yang timbul pada fase ini antara lain :

1. Pengeluaran (Expenditure) [-baca-]
2. Penyusutan & Amortisasi [-baca-]

3. Penilaian Kembali (
Revaluation)
Beserta : Penilaian (pengukuran), Pengakuan (pencatatan) dan Pelaporan (disclosure) atas penggunaan aktiva tetap.


[Phase-3]. Penarikan Aktiva Tetap (Retirement of Plant Asset)

Permasalahan disekitar penarikan aktiva tetap yaitu :

1. Penjualan Aktiva Tetap [-baca-]
2. Penukaran Aktiva Tetap
3. Laba-Rugi Penarikan Aktiva Tetap [-baca-]

Beserta : Penilaian (pengukuran), Pengakuan (pencatatan) dan Pelaporan (disclosure) atas penarikan aktiva tetap.

Jika tidak ada halangan, saya juga akan bahas mengenai; hal-hal terkait dengan aktiva tetap yaitu :

(-). Audit dan Rasio Aktiva Tetap
(-). Penilaian Investasi atas Aktiva Tetap
(-). Sekilas mengenai Aktiva Tetap Sumber Alam


YET, saya juga berminat untuk membahas penomena-penomena kontroversi disekitar aktiva tetap, seperti :
(-). Aktiva tetap yang tercuri [-baca-]
(-). Aktiva tetap yang terbakar [-baca-]
(-). Most Watched Plant Asset’s Expenses on Tax Investigation

Tapi mohon bersabar dahulu, semua topik dan pembahasan detail beserta contoh kasus dari masing-masing yang di atas, akan saya turunkan satu persatu secara bertahap.


Please be patient…for a while :-)

12 comments:

  1. saya mempunyai judul skripsi dgn judul "Akuntansi Penyusutan Aktiva tetap" tapi saya binggung apa yang pass utk pokok permasalahannya judul saya thanks.

    ReplyDelete
  2. mohon bantuan...
    SDM juga disebut aktiva tetap tak berwujud (intangible), gimana perlakuan akuntansi dan managementnya?

    thanks
    baskamig@yahoo.com

    ReplyDelete
  3. saya masih bingung dengan biaya reparasi besar yang termasuk ke dalam capital expenditures, apakah pengeluaran tersebut akan dimasukkan ke akun aktiva atau akum. penyusutan??

    ReplyDelete
  4. mohon bantuan...
    apakah pengeluaran yang hanya memperpanjang masa manfaat aktiva tetap, di masukkan ke dalam akun akum. penyus???
    bagaimana dengan perhitungannya??
    apakah nilai buku setelah reparasi kemudian dihitung menjadi beban penyusutan untuk tahun selanjutnya??
    jika ya, apakah sesuai dengan SAK paragraf berapa??
    terima kasih atas jawabannya...

    ReplyDelete
  5. saya masih bingung dengan pembahasan skripsi saya yang berjudul analisis perlakuan akuntansi aktiva tetap berwujud ditinjau dari SAK. mohon bantuannya gmn ya supaya pembahasan saya cocok dengan judul skripsi saya?

    thanx's

    ReplyDelete
  6. pak putra

    maaf, waktu itu saya salah mencantumkan email saya (d/h fajar.saputra@gmail.com) yang benar saputra.fajar@gmail.com

    mohon di submit kembali pak untuk spread sheet penghitungan aktiva tetap nya...

    terimakasih

    ReplyDelete
  7. bagaimana penjelasan&jurnalnya klo pemerolehan aktiva tetap nya dengan car hibah (di berikan oleh pihak lain)?

    ReplyDelete
  8. Yang terhormat pak putra
    saya mw bertanya tentang revaluasi aktiva tetap. Pada dasarnya revaluasi aktiva tetap tidak boleh dilakukan. itu menurut PSAK. Namun menurut pajak hal itu boleh dilakukan. Pertanyaan saya bagaimana perlakuan akuntansi terhadap aktiva tetap? Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.


    Damarwara Sandiwan
    (Mahasiswa Sanata Dharma)
    afan_newman@yahoo.id

    ReplyDelete
  9. pak putra

    mohon bantuannya..
    saya berencana untuk mengambil skripsi tentang penyusutan aktiva tetap menurut akuntansi dan pajak di hubungkan dengan laba sebelum pajak... bisa minta rekomendasi jurnal yang berhubungan dengan itu nggak? terima kasih ya pak atas bantuannya..

    ReplyDelete
  10. salam sejahtera pak putra..

    memohon bantuan bapak..
    saya sudah akan menempuh skripsi mengenai perlakuan akuntansi pada aset tetap tetapi bukan pada perusahaan yang pada umumnya "profit oriented", saya ingin mengupas tentang perlakuan akuntansi aset tetap pada TNI.. dengan batasan pada kesatuan pasukan khususnya dimana banyak peralatan, persenjataan menjadi asetnya, saya ingin bapak bisa memberikan penjelasan lebih lanjut tentang hal tersebut.. terima kasih bapak..penjelasannya sangat saya tunggu..

    ReplyDelete
  11. terima kasih banyak.. saya sedang menyusun makalah mata kuliah sistem informasi akuntansi untuk dijadikan tugas pendukung nilai final test dan dalamnya saya mengupas tentang sistem aktiva tetap. tulisan-tulisan bapak sangat bagus dan sangat berguna bagi saya. sekali lagi terima kasih banyak!!!

    ReplyDelete
  12. saya mempunyai judul skripsi dgn judul "Akuntansi Penyusutan Aktiva tetap" tapi saya binggung apa yang pass utk pokok permasalahannya judul saya thanks.

    ReplyDelete

Feel free to leave a comment :)

Accounting (Akuntansi), Financial (Keuangan) & Taxation (Perpajakan). Didedikasikan bagi mereka yang membutuhkan artikel, tips, Case study, spreadsheet & tools yang bersifat aplikatif.


K A T E G O R I

Account Receivable (4) Accounting (93) Accounting Case Study (15) Accounting Certification (1) Accounting Contest (1) Accounting For Manager (4) Accounting Software (2) Acquisition (5) Advance accounting (6) Aktiva Tetap (16) Akuisisi (5) Akuntansi Biaya (3) Akuntansi Dasar (2) Akuntansi Management (4) Akuntansi Pajak (9) Akuntansi Translasi (2) Announcement (6) archiving (1) ARTICLES (4) ARTIKEL (91) Audit Kinerja (1) Auditing (3) Balance sheet (1) Bank (1) Basic Accounting (1) Bea Cukai (4) Bea Masuk (7) Calculator (2) Capital (1) Career (2) Cash (1) Cash Flow (3) Certification (1) COGS (11) Contest (1) Cost (18) Cost Analysis (12) CPA (2) CPA EXAM (1) Credit (1) Credit Policy (1) Current Asset (1) Data (1) Discount (1) Diskon (1) Duty (1) Expense (4) Export - Import (15) FASB (1) Finance (8) FINANCIAL (16) Financial Control (10) Foreign Exchange Rate (1) Form (2) FOTO (1) FRAUD (2) Free Download (9) Freebies (6) GAAP (1) GAJI (3) Garansi (1) Gift (1) Goodwill (1) Hotel (1) IFRS (1) Import (5) Import Duty (7) International Accounting (1) Investasi (1) Job Vacant (1) Kas (6) Kas Bank (3) Kas Kecil (1) Kasus Akuntansi (3) Kasus Legal (2) Kasus Pajak (6) Keuangan (3) Komentar (1) Konsolidasi (4) Laba-Rugi (1) Lain-lain (15) LANDING COST (1) Laporan Arus Kas (2) Laporan Keuangan (9) Lean Accounting (1) Lean Concept (1) Lean Manufacturing (1) Legal (1) Lowongan Kerja Accounting (2) MA Accounting (3) Management Accounting (5) Merger (4) Miscellaneous (2) Modal (1) neraca (1) PAJAK (24) payroll (1) Pembelian (2) Pemberitahuan (3) Pendapatan (2) Pengakuan Pendapatan (1) Pengarsipan (1) Pengendalian (6) Pengendalian Keuangan (15) PENGGELAPAN (1) Penjualan (1) Perlakuan akuntansi (2) Petty Cash (1) PHOTO (1) Piutang (1) PPH PASAL 21 (11) PPh Pasal 22 (3) PPh Pasal 26 (2) PPn (2) PPn Import (5) Professi Akuntan (1) Profit-Lost (1) PURCHASE (2) Quiz (1) Rabat (1) Rebate (1) Retur (1) Return (1) Revenue (4) Review (1) Sales (2) SERIE ARTIKEL (1) Sertifikasi (1) Shareholder (1) Shipping Agent (1) Shipping Charge (1) Soal dan Jawaban CPA (1) SPI (1) Spreadsheet Accounting (5) Spreadsheet Gratis (4) system pengendalian (1) system pengendalian gaji (1) Taxation (18) Template (2) Tip n Tricks (4) TIPS AND TRICKS (38) Tools (8) Tutup Buku (1) Ujian CPA (1) UPAH (3) update situs (2) USAP (2) Utilities (1) Video Tutor (1) warranty (1) What Is New (7)

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Mengapa perlu men-subscribe ?
Dengan men-subscribe, anda akan menerima pemberitahuan setiap kali ada update terbaru (artikel, tips, free download template, files, dll) dari ACCOUNTING, FINANCE & TAXATION langsung di INBOX e-mail anda.
Bagaimana caranya mensubscribe ?=> Ketik e-mail address anda (pada kolom yang disediakan diatas)=> Klik tombol "subscribe"=> Setelah men-klik tombol subscribe, akan muncul window (halaman) baru=> Pada halaman baru tersebut, masukkan kode validasi yang disediakan=> Klik tombol "subscribe"=> Masuk ke inbox email anda, lalu klik link verifikasi yang disediakan=> Selesai