Pages

Pemberitahuan

Update dan postingan baru dari blog ini bisa anda temukan di Accounting-Financial-Tax.com. Di situs yang baru ini makin banyak topik di bahas, berbagai accounting standard, concept dan contoh kasus yang bervariasi. Dengn ciri khas yang sama: detail, mendalam, dan practical. Diupdate setiap hari, termasuk perkembangan terkini dari international accounting standard [IAS], International Financial Reporting Standard [IFRS], GAAP Codification [ASC], Auditing Standard, dll. Dan, semuanya disajikan dengan interface yang lebih user friendly, clear navigation yang mengkaitkan antara satu topic dengan topic lain, dengan tingkat accuracy yang selalu dievaluasi dari waktu ke waktu.

"Accounting theories and concept" adalah penting, akan tetapi apalah artinya concept dan theory jika tidak diwujudkan dalam tingkatan implementasi.

Per 2011, saya juga aktif menulis di JurnalAkuntansiKeuangan.com yang di launch baru-baru ini, meskipun tak cukup sering.

Google
 

Nov 15, 2007

PERUBAHAN PARADIGMA

Mempelajari dan memahami ACCOUNTING, KEUANGAN dan PERPAJAKAN ( prinsip-prinsip, perlakuan, penghitungan, pelaporan, pemahaman undang-undang, dan peraturan) rasanya belumlah cukup. Ada beberapa hal penting yang perlu diketahui. Hal-hal yang terkadang sulit untuk ditemukan pada literatur-literatur umum, dibangku kuliah, atau bahkan situs-situs resmi tetapi penting dan strategis fungsinya di dalam dunia kerja.
Awalnya, saya bermaksud menulis semua tentang ACCOUNTING, FINANCIAL DAN PERPAJAKAN (dari a sampai z) sampai dengan belajar bersama-sama MENGHITUNG, CONTOH-CONTOH hingga MEMBUAT LAPORAN. Termasuk mungkin UPLOAD dan DOWN LOAD VARIOUS BUSINESS FORM, SPREADSHEET, TEMPLATE, TIPS dan TRICKS.

Mungkin saya yang belajar terlebih dahulu, baru kemudian saya bagi disini dengan cara yang lebih mudah dipahami dan praktis, atau mungkin pembaca yang mengetahui terlebih dahulu, lalu dibagi kepada yang lain lewat blog ini atau lewat media lain.

Setelah saya surfing dari web ke web, dari blog ke blog, saya menemukan sudah begitu banyak tulisan, artikel, tips, bahkan forum interaktif mengenai Accounting, Financial dan Taxation, dari yang berbayar sampai daily posts yang didedikasikan untuk dibagi secara cuma-cuma. Ada yang disampaikan secara tutorial ada juga yang membagi-bagi form excel yang sudah berisi formulasi (yang terkadang memang susah untuk ditemukan saat-saat kita butuhkan).

Tentu itu SANGAT BERGUNA dan MEMBANTU publik pembaca di dunia maya (cyber learner).


Sesuatu Yang Lebih
Mulai saya berpikir….
Bagaimana caranya agar tetap bisa berbagi tanpa junkies or spamming, berbagi sesuatu yang BERGUNA, HELPFUL…..
Sesuatu yang lebih….. ya….SESUATU YANG LEBIH…..

Lebih Mendalam
Dengan pembahasan yang lebih mendalam, saya berharap pembaca mendapat pengetahuan dan pemahaman yang lengkap, tidak setengah-setengah. Sehingga dengan sekali membaca, tidak perlu lagi mencari kemana-mana untuk melengkapinya.

Lebih Rinci
Lengkap dan mendalam saja rasanya belum cukup, perlu lebih detail dalam setiap pembahasan. Sesuatu yang detail selalu menjadi nilai lebih. Bagi yang ingin sekedar tahu saja, tentu artikel yang detail menjadi membosankan. Tetapi, untuk tema blog ini, jelas-jelas bertema serius. DIDEDIKASIKAN HANYA UNTUK PEMBACA YANG BENAR-BENAR SERIUS INGIN MENCARI SESUATU. BUKAN UNTUK MEREKA YANG SETENGAH HATI. Untuk maksud tersebut, artikel yang ditampilkan musti sesuatu yang WORTHY UNTUK DIBACA, tidak buang-buang waktu percuma.


Lebih Sistematis
Tulisan yang tidak sistematis, bolak-balik tidak jelas ujung pangkalnya, sedalam apapun, serinci apapun, akan membuahkan kebingungan. Tidak memperoleh pemahaman yang jelas atas suatu permasalahan, melainkan hanya lelah setelah membaca.


Lebih beragam (variatif)
Berkutat pada satu topik tertentu saja, selain menimbulkan kejenuhan juga tanpa disadari akan membatasi pengetahuan, membuat kehilangan kesempatan untuk belajar sesuatu yang lain.


Bukan Untuk Diferensiasi Belaka

Perubahan ini, bukan lah sekedar untuk berbeda dengan situs maupun blog yang lain, tidak hanya sekedar memberikan pilihan yang berbeda, akan tetapi lebih dimaksudkan agar tetap berguna bagi pembaca, tanpa mengecilkan peranan situs ataupun blog yang lain.




Tetap Konsisten Pada Tema dan Misi

Tema masih tetap yang sama, yaitu ; ACCOUNTING, FINANCIAL DAN TAXATION. Hanya saja pemilihan topik akan dibuat berbeda, yaitu mengarah pada topik-topik yang LEBIH ADVANCE, dimajukan, dan lebih berkembang. Untuk tidak meninggalkan pembaca atau siapapun yang membutuhkan pembelajaran atau sesuatu yang basic-basic saja, saya akan tetap menyelipkan posting-posting yang basic. Sekiranya ada yang membutuhkan dapat memintanya, untuk saya publish disini.


Realistis

Lain daripada itu, kemampuan saya juga terbatas, rasanya tidak mungkin saya pribadi mampu menulis dan membahasnya satu persatu.

Saya mengambil keputusan untuk menjadi lebih realistis…….

I think enough with talks, mari kita langsung ke posting berikutnya….. yaitu mengenai

EKUALISASI PAJAK (Tax Equalization)
Short description : Parameter utama yang dipakai dalam pemeriksaan pajak untuk menilai kesesuaian laporan pajak

No comments:

Post a Comment

Feel free to leave a comment :)

Accounting (Akuntansi), Financial (Keuangan) & Taxation (Perpajakan). Didedikasikan bagi mereka yang membutuhkan artikel, tips, Case study, spreadsheet & tools yang bersifat aplikatif.


K A T E G O R I

Account Receivable (4) Accounting (93) Accounting Case Study (15) Accounting Certification (1) Accounting Contest (1) Accounting For Manager (4) Accounting Software (2) Acquisition (5) Advance accounting (6) Aktiva Tetap (16) Akuisisi (5) Akuntansi Biaya (3) Akuntansi Dasar (2) Akuntansi Management (4) Akuntansi Pajak (9) Akuntansi Translasi (2) Announcement (6) archiving (1) ARTICLES (4) ARTIKEL (91) Audit Kinerja (1) Auditing (3) Balance sheet (1) Bank (1) Basic Accounting (1) Bea Cukai (4) Bea Masuk (7) Calculator (2) Capital (1) Career (2) Cash (1) Cash Flow (3) Certification (1) COGS (11) Contest (1) Cost (18) Cost Analysis (12) CPA (2) CPA EXAM (1) Credit (1) Credit Policy (1) Current Asset (1) Data (1) Discount (1) Diskon (1) Duty (1) Expense (4) Export - Import (15) FASB (1) Finance (8) FINANCIAL (16) Financial Control (10) Foreign Exchange Rate (1) Form (2) FOTO (1) FRAUD (2) Free Download (9) Freebies (6) GAAP (1) GAJI (3) Garansi (1) Gift (1) Goodwill (1) Hotel (1) IFRS (1) Import (5) Import Duty (7) International Accounting (1) Investasi (1) Job Vacant (1) Kas (6) Kas Bank (3) Kas Kecil (1) Kasus Akuntansi (3) Kasus Legal (2) Kasus Pajak (6) Keuangan (3) Komentar (1) Konsolidasi (4) Laba-Rugi (1) Lain-lain (15) LANDING COST (1) Laporan Arus Kas (2) Laporan Keuangan (9) Lean Accounting (1) Lean Concept (1) Lean Manufacturing (1) Legal (1) Lowongan Kerja Accounting (2) MA Accounting (3) Management Accounting (5) Merger (4) Miscellaneous (2) Modal (1) neraca (1) PAJAK (24) payroll (1) Pembelian (2) Pemberitahuan (3) Pendapatan (2) Pengakuan Pendapatan (1) Pengarsipan (1) Pengendalian (6) Pengendalian Keuangan (15) PENGGELAPAN (1) Penjualan (1) Perlakuan akuntansi (2) Petty Cash (1) PHOTO (1) Piutang (1) PPH PASAL 21 (11) PPh Pasal 22 (3) PPh Pasal 26 (2) PPn (2) PPn Import (5) Professi Akuntan (1) Profit-Lost (1) PURCHASE (2) Quiz (1) Rabat (1) Rebate (1) Retur (1) Return (1) Revenue (4) Review (1) Sales (2) SERIE ARTIKEL (1) Sertifikasi (1) Shareholder (1) Shipping Agent (1) Shipping Charge (1) Soal dan Jawaban CPA (1) SPI (1) Spreadsheet Accounting (5) Spreadsheet Gratis (4) system pengendalian (1) system pengendalian gaji (1) Taxation (18) Template (2) Tip n Tricks (4) TIPS AND TRICKS (38) Tools (8) Tutup Buku (1) Ujian CPA (1) UPAH (3) update situs (2) USAP (2) Utilities (1) Video Tutor (1) warranty (1) What Is New (7)

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Mengapa perlu men-subscribe ?
Dengan men-subscribe, anda akan menerima pemberitahuan setiap kali ada update terbaru (artikel, tips, free download template, files, dll) dari ACCOUNTING, FINANCE & TAXATION langsung di INBOX e-mail anda.
Bagaimana caranya mensubscribe ?=> Ketik e-mail address anda (pada kolom yang disediakan diatas)=> Klik tombol "subscribe"=> Setelah men-klik tombol subscribe, akan muncul window (halaman) baru=> Pada halaman baru tersebut, masukkan kode validasi yang disediakan=> Klik tombol "subscribe"=> Masuk ke inbox email anda, lalu klik link verifikasi yang disediakan=> Selesai