Pages

Pemberitahuan

Update dan postingan baru dari blog ini bisa anda temukan di Accounting-Financial-Tax.com. Di situs yang baru ini makin banyak topik di bahas, berbagai accounting standard, concept dan contoh kasus yang bervariasi. Dengn ciri khas yang sama: detail, mendalam, dan practical. Diupdate setiap hari, termasuk perkembangan terkini dari international accounting standard [IAS], International Financial Reporting Standard [IFRS], GAAP Codification [ASC], Auditing Standard, dll. Dan, semuanya disajikan dengan interface yang lebih user friendly, clear navigation yang mengkaitkan antara satu topic dengan topic lain, dengan tingkat accuracy yang selalu dievaluasi dari waktu ke waktu.

"Accounting theories and concept" adalah penting, akan tetapi apalah artinya concept dan theory jika tidak diwujudkan dalam tingkatan implementasi.

Per 2011, saya juga aktif menulis di JurnalAkuntansiKeuangan.com yang di launch baru-baru ini, meskipun tak cukup sering.

Google
 

May 20, 2008

Software Accounting & Finance Open Source – Oleh-oleh Liburan

Posting “Software Accounting & Finance Open Sources ini berisi informasi berupa link dimana anda bisa memperoleh software/aplikasi accounting yang bersifat open-source (bebas download dan bebas pakai, alias gratis, alias free), mulai dari “automated budgeting dan forecasting”, “personal money manager”, “System accounting berbasis web professional”, “touch screen input multi user POS”, hingga “paket accounting software all-in-one untuk organisasi (perusahaan): POS, accounting, contact management, billing, dll”. Isn’t those a huge useful source?

Sudah menjadi kebiasaan saya sejak di bangku kuliah, setiap hari libur saya isi dengan jalan-jalan. Termasuk kemaren (libur perayaan waisak bagi rekan-rekan umat Budha) yang bertepatan dengan hari kebangkitan nasional (20 May). Karena liburnya hanya sehari, instead of “menonton perayaan hari kebangkitan nasional di tv yang makin lama makin garing”, saya memilih tetap jalan-jalan, hanya saja jalan-jalannya di dunia maya saja, alias internet surfing ;-). Mencari-cari informasi perkembangan dunia accounting, keuangan dan perpajakan. Buka-buka halaman online-nya ICPA edisi May 2008, hmmm… sudah habis saya baca. Car-cari buku accounting terbitan McGraw-Hill (my favorite publisher) terbaru, belum ada new release. Mau update peraturan perpajakan terbaru, hmmm setengah mati browse undang-undangnya.

Tapi, layaknya jalan-jalan, tentu pulangnya musti bawa oleh-oleh, bukan? :-). Nah saya juga bawa oleh-oleh untuk rekan-rekan di sini. Mudah-mudahan ini bermanfaat. Apakah oleh-olehnya? Aplikasi keuangan dan akuntansi open source. Software/aplikasi accounting & keuangan yang boleh didownload dan dipakai tanpa perlu bayar alias free alias gratis!.

Bagi rekan-rekan yang memang “geek (hi-tech minded)” mungkin istilah open source sudah biasa. Tapi bagi rekan-rekan yang non-geek, mungkin masih belum tahu persis. Walaupun saya tidak termasuk cukup “tech-savvy”, saya akan coba jelaskan sedikit “apa itu software/aplikasi open source”. Aplikasi Open source adalah aplikasi yang di develop (dibuat) secara sukarela oleh pihak (individu/kelompok) tertentu. Hasil kerja mereka boleh di download dan dipakai secara bebas, tidak berbayar (gratis). Kebanyakan open source dimaksudkan untuk dipakai sendiri (tidak dikomersialisasi), tetapi tidak sedikit juga yang memberikan kebebasan penuh soal pemakaian, hanya saja tetap mecantumkan original publisher-nya (tidak boleh diakui sebagai karya sendiri) yang biasa disebut dengan “NON-PLR = Non - Private Label Right".

Open source software/application boleh diakui sebagai karya sendiri jika anda melakukan modifikasi sendiri atas aplikasi (program/software) tersebut. Bisa dikatakan hampir mendekati gratis/free (hanya saja tidak boleh diakui sebagai karya sendiri dan copyright maupun trademark-nya tetap menjadi hak developer. Tidak sedikit juga open source application boleh diperbanyak (jika anda tahu bagaimana caranya memperbanyak) dan di distribusikan ke berbagai pihak yang anda mau. Untuk tahu persis hak dan kewajiban anda selaku user, tentu anda perlu membaca "TOS=Term Of Services" mereka. Jangan lupa baca juga "disclaimer-nya". Oh ya, mereka juga menyediakan support center, kalau-kalau user menemukan error saat software dipakai, bisa di hubungi lewat e-mail bahkan lewat telpon. Dari pengalaman saya, response mereka cukup cepat.

Aplikasinya bisa bermacam-macam, mulai dari calendar, task manager, personal financial manager, software accounting, software untuk architech, hingga diet meter. Macam-macam.

Untuk anda (orang-orang accounting & keuangan) tentu harus aplikasi yang bisa mendukung pekerjaan (profesi) anda, yaitu : Software/aplikasi accounting dan keuangan. Saya pribadi sudah mendownload: “NOLA” dan “TurboCash”. Silahkan baca short descriptionnya, jika anda tertarik silahkan download (bebas download, bebas pakai):

[1]. NOLA - An integrated, all-in-one package for an organization’s inventory, POS, accounting, contact management, billing etc.

[2]. TurboCASH - FlexiFlexible small business accounting software fulfilling the major needs of any business.



[3]. FrontAccounting - A professional web-based accounting system for ERP chain; written in PHP with use of MySQL.


[4]. GnuCash - Open source financial accounting software to manage personal and small business expenses and incomes – FOR LINUX USER!

[5]. Adaptive Planning Express - An open source solution enabling medium sized companies to automate budgeting and forecasting by moving beyond traditional applications like Excel.


[6]. Buddi - A simple budgeting program for users with no financial background.


[7]. CheckItOut - A Ruby on Rails application to manage personal money accounts.

[8]. GFP - A free java based personal finance manager with the ability to run on any operating system.

[9]. Gnumeric - A free spreadsheet program for the GNOME desktop providing several customization features and import/export facility from other spreadsheet programs.

[10]. Grisbi - Grisbi is an open source personal finance manager developed to run on any platform and suit the needs of all users.

[11]. jGnash - jGnash is an open source personal finance manager that will help you monitor and keep track of your accounts, including investments.

[12]. KmyMoney - Easy to use, accurate open source personal finance manager built to suit the needs of non-technical users. It provides all the features available in a commercial application.

[13]. Librepos - A multi-user POS application designed for touch screens, customer displays and barcode scanners.

Jika anda suka oleh-oleh Software Accounting & Financial Open Source ini, silahkan tulis pendapat anda di “Post Comment” link dibawah ini. Liburan yang akan datang mungkin saya akan bawakan oleh-oleh yang lebih banyak lagi, mudah-mudahan yang lebih bagus lagi, amin!.

14 comments:

  1. MOHON DAPAT DIKIRIMKAN SEMUA SPREADSHEET DAN PROGRAM OPEN SOURCES DARI BAPAK, SEBAB SAYA SERING MASUK KE BLOG INI DAN BERUSAHA UNTUK MENDOWNLOAD TETAPI GAGAL TERUS. THANKS.

    ReplyDelete
  2. Siang Pak Putra,
    Waduh jika saya ndak masuk blog bapak sehari saja mungkin akan kelewat, untungnya saya sudah subcribe shg akan selalu tahu kalau ada yang baru dari bapak. Pak putra dari sekian banyak free ware tsb kira2 yang bisa nyakup Penjualan, Pembelian, Jurnal umum, sampai PPN juga A/R & A/P yang mana yan Pak mohon pencerahan.

    Thank best wishes to you & your family

    ReplyDelete
  3. Siang pak putra,

    banyak informasi tentang Acc.yang telah pak putra sampaikan .
    saya pribadi sangat berterimaksih pada bpk.
    Lebih lebih dapat free software acc.

    terimasih.

    ReplyDelete
  4. SIANG PAK PUTRA ,

    HAMPIR TIAP HARI SAYA DAPAT EMAIL DARI PAK PUTRA TAPI KALAU DAPET FREE DOWNLOAD KOK SUSAH YA PAK , PADAHAL SAYA UDAH SERING KIRIM COMMENT , MOHON PAK PUTRA KIRIM FREE DOWNLOAD OPEN SOURCES DARI BAPAKK

    ATAS PERHATIANNYA SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH

    ReplyDelete
  5. Siang pak putra

    saya rasa satu satunya artikel yang lengkap tentang akuntansi & pajak di blog ini ,mudah mudahan yang lain mau menyumbangkan ilmunya apa saja yang bermamfaat.

    oh ya pak putra mohon dong free download sofware accountingnya.

    terimakasih.

    ReplyDelete
  6. Siang pak putra,

    Comment saya, oleh2 pak putra yg saya cari selama ini. swear.. dulu saya pernah cari program budget.. di internet tapi sd sekarang ga pernah ketemu....hehehe.

    tapi sekarang setelah kenal blog bapa, semua..muanya ADA.

    pak putra mau donc... sofware financial & accounting open sourcenya.

    Thanx before.

    Cheers
    Theresia Tina
    theresia.tin4@hotmail.com

    ReplyDelete
  7. Selamat Siang Pak Putra.
    Saya bergabung di blog pak putra ini belum genap satu bulan, tapi sudah sangat terasa manfaatnya.
    Dan untuk menambah pengetahuan dan wawasan saya mohon diberikan sofware financial & accounting open sourcenya.
    Terima kasihPak Putra yang telah susah payah membuat software untuk membantu orang-orang seperti saya yang belum melek accounting dan keuangan.
    Semoga Tuhan memberkati kita.

    Dani
    h_hamdani212@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  8. Saya tahu blog Bapak ketika saya ingin mencari accounting software berbasis web. Saya sangat tertarik dengan blog ini dan sudah saya bookmark juga. Semoga Bapak tidak pernah merasa jenuh untuk melanjutkan blog ini.

    Thanks
    Yohanes

    ReplyDelete
  9. Fajar Novari4/6/09 2:24 AM

    Bagaimana kabarnya pak Putra? blognya sdh saya bookmark, setiap hari saya pelajari, banyak sekali ilmunya dan terima kasih untuk info softwarenya, kebetulan saya sedang mencarinya. Salam sukses!

    ReplyDelete
  10. Pak Putra,
    Saya mau tanya, apakah system reiumburstment/klaim pengantian biaya yang telah dibayarkan terlebih dahulu oleh anak perusahaan kita, menjadi objek pajak? jika ini terkait atas biaya gaji karyawan dari anak perusahaan yang dipindah tugaskan sementara ke induk perusahaan, apa yang harus dicatat oleh anak perusahaan setelah menerima klaim tersebut dari induk perusahaan, dan pencatatan apa yang dilakukan oeh induk peursahaan atas klaim yang sudah dibayarkan tadi? masuk dalam akun apa? terima kasih.

    ReplyDelete
  11. Terima kasih atas artikel nya terutama link-nya... sangat berguna bagi saya

    ReplyDelete
  12. Pak Putra...
    Saya menyukai aplikasi akuntansi dengan segala problematikanya, semoga Bapak dapat mengirimkannya pada email saya, untuk menambah pengetahuan saya thdp sistem akuntansi perusahaan, sebagai pendukung pekerjaan saya sebagai junior accounting, terima kasih.

    Rg :

    Setyo
    Email : berkatyogya@yahoo.com

    ReplyDelete
  13. siang pak,,
    saya seorang mahasiswa semester 5.
    saya dapat tugas dari dosen untuk prentasi sofware akuntansi beserta jaringan komuniksinya..
    kebanyak kan sofware yang saya download,tidak sempurna/tidak lengkap/tidak jelas..bahkan tidak mau didownload.
    saya,mohon pak bantunya,,
    saya minta sofware akuntansi yang mudah di mengerti..
    terimakasih sebelumnya..
    GBU

    ReplyDelete
  14. Apakah semua Softwarenya masih ada?
    Aku sudah subscribe, mohon dikirimkan...
    mailto: leony_mk@yahoo.com

    ReplyDelete

Feel free to leave a comment :)

Accounting (Akuntansi), Financial (Keuangan) & Taxation (Perpajakan). Didedikasikan bagi mereka yang membutuhkan artikel, tips, Case study, spreadsheet & tools yang bersifat aplikatif.


K A T E G O R I

Account Receivable (4) Accounting (93) Accounting Case Study (15) Accounting Certification (1) Accounting Contest (1) Accounting For Manager (4) Accounting Software (2) Acquisition (5) Advance accounting (6) Aktiva Tetap (16) Akuisisi (5) Akuntansi Biaya (3) Akuntansi Dasar (2) Akuntansi Management (4) Akuntansi Pajak (9) Akuntansi Translasi (2) Announcement (6) archiving (1) ARTICLES (4) ARTIKEL (91) Audit Kinerja (1) Auditing (3) Balance sheet (1) Bank (1) Basic Accounting (1) Bea Cukai (4) Bea Masuk (7) Calculator (2) Capital (1) Career (2) Cash (1) Cash Flow (3) Certification (1) COGS (11) Contest (1) Cost (18) Cost Analysis (12) CPA (2) CPA EXAM (1) Credit (1) Credit Policy (1) Current Asset (1) Data (1) Discount (1) Diskon (1) Duty (1) Expense (4) Export - Import (15) FASB (1) Finance (8) FINANCIAL (16) Financial Control (10) Foreign Exchange Rate (1) Form (2) FOTO (1) FRAUD (2) Free Download (9) Freebies (6) GAAP (1) GAJI (3) Garansi (1) Gift (1) Goodwill (1) Hotel (1) IFRS (1) Import (5) Import Duty (7) International Accounting (1) Investasi (1) Job Vacant (1) Kas (6) Kas Bank (3) Kas Kecil (1) Kasus Akuntansi (3) Kasus Legal (2) Kasus Pajak (6) Keuangan (3) Komentar (1) Konsolidasi (4) Laba-Rugi (1) Lain-lain (15) LANDING COST (1) Laporan Arus Kas (2) Laporan Keuangan (9) Lean Accounting (1) Lean Concept (1) Lean Manufacturing (1) Legal (1) Lowongan Kerja Accounting (2) MA Accounting (3) Management Accounting (5) Merger (4) Miscellaneous (2) Modal (1) neraca (1) PAJAK (24) payroll (1) Pembelian (2) Pemberitahuan (3) Pendapatan (2) Pengakuan Pendapatan (1) Pengarsipan (1) Pengendalian (6) Pengendalian Keuangan (15) PENGGELAPAN (1) Penjualan (1) Perlakuan akuntansi (2) Petty Cash (1) PHOTO (1) Piutang (1) PPH PASAL 21 (11) PPh Pasal 22 (3) PPh Pasal 26 (2) PPn (2) PPn Import (5) Professi Akuntan (1) Profit-Lost (1) PURCHASE (2) Quiz (1) Rabat (1) Rebate (1) Retur (1) Return (1) Revenue (4) Review (1) Sales (2) SERIE ARTIKEL (1) Sertifikasi (1) Shareholder (1) Shipping Agent (1) Shipping Charge (1) Soal dan Jawaban CPA (1) SPI (1) Spreadsheet Accounting (5) Spreadsheet Gratis (4) system pengendalian (1) system pengendalian gaji (1) Taxation (18) Template (2) Tip n Tricks (4) TIPS AND TRICKS (38) Tools (8) Tutup Buku (1) Ujian CPA (1) UPAH (3) update situs (2) USAP (2) Utilities (1) Video Tutor (1) warranty (1) What Is New (7)

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Mengapa perlu men-subscribe ?
Dengan men-subscribe, anda akan menerima pemberitahuan setiap kali ada update terbaru (artikel, tips, free download template, files, dll) dari ACCOUNTING, FINANCE & TAXATION langsung di INBOX e-mail anda.
Bagaimana caranya mensubscribe ?=> Ketik e-mail address anda (pada kolom yang disediakan diatas)=> Klik tombol "subscribe"=> Setelah men-klik tombol subscribe, akan muncul window (halaman) baru=> Pada halaman baru tersebut, masukkan kode validasi yang disediakan=> Klik tombol "subscribe"=> Masuk ke inbox email anda, lalu klik link verifikasi yang disediakan=> Selesai