Pages

Pemberitahuan

Update dan postingan baru dari blog ini bisa anda temukan di Accounting-Financial-Tax.com. Di situs yang baru ini makin banyak topik di bahas, berbagai accounting standard, concept dan contoh kasus yang bervariasi. Dengn ciri khas yang sama: detail, mendalam, dan practical. Diupdate setiap hari, termasuk perkembangan terkini dari international accounting standard [IAS], International Financial Reporting Standard [IFRS], GAAP Codification [ASC], Auditing Standard, dll. Dan, semuanya disajikan dengan interface yang lebih user friendly, clear navigation yang mengkaitkan antara satu topic dengan topic lain, dengan tingkat accuracy yang selalu dievaluasi dari waktu ke waktu.

"Accounting theories and concept" adalah penting, akan tetapi apalah artinya concept dan theory jika tidak diwujudkan dalam tingkatan implementasi.

Per 2011, saya juga aktif menulis di JurnalAkuntansiKeuangan.com yang di launch baru-baru ini, meskipun tak cukup sering.

Google
 

Oct 10, 2007

IMPORT TAX CALCULATION - Menghitung Pajak Import

Pajak Import merupakan elemen terakhir dari Landing Cost.

Indonesia mengenakan 2 jenis pajak atas import, yaitu : PPn Import dan PPh Pasal 22.


Pajak Import = PPn Import + PPh Pasal 22



PPn Import dikenakan 10% dari nilai CIF dan Import Duty. Maka formulanya menjadi sebagai berikut :


PPn Import = 10% x [ CIF + ID]


Dimana :
CIF = Cost (FOB) + Insurance + Freight
ID = Import Duty

Agar tidak tumpang tindih, jika anda belum tahu apa itu CIF, Import Duty beserta perhitungannya, saya sarankan membaca article Import Duty Calculation

Contoh :

PT. Royal Bali Gemilang melakukan impor barang dari China, dengan rincian sebagai berikut :
Nilai Barang yang di Impor (FOB) = USD 3,500.00
Insurance = USD 100.000
Freight = USD 250.00
Import Duty = USD 150.00

Perhitungan :

PPn Import = 10% x [ (USD 3,500.00 + USD 100.00 + USD 250.00) + USD 150.00 ]
PPn Import = USD 400.00

PPh Pasal 22 dikenakan sebesar 7.5% dari nilai CIF dan Import Duty, formulanya :


PPh Pasal 22 = 7.5% x [CIF + ID]


Dengan menggunakan contoh yang sama, maka besarnya PPh Pasal 22 yang dikenakan adalah sebesar USD 300.00

Sekaligus besarnya Pajak Import yang akan dikenakan dapat dihitung

Informasi ini mungkin berguna :

Update: 05-05-2008

Bagi rekan-rekan yang ingin melakukan estimasi perhitungan Bea Masuk (Import Duty), PPN & PPh Pasal 22 Import, sekarang bisa melakukannya dengan cepat dan mudah karena sekarang dapat menggunakan Calculator yang saya buat. Silahkan baca cara mendapatkannya di sini: Calculator Bea Masuk, PPN & PPh Import

PPn Import maupun PPh Pasal 22 merupakan kredit pajak. PPn Import bisa dikreditkan di SPM PPn dan PPh Pasal 22 dapat dikreditkan di SPT PPh Pasal 29. Bagaimana cara mengkreditkannya ?. Article Cara Mengkreditkan PPn Import dan Cara Mengkreditkan PPh Pasal 22 akan segera hadir disini. Agar tidak kesulitan mencari aricle ini, anda dapat bookmark blog ini dengan mengklick tombol bookmark di bawah ini




AddThis Social Bookmark Button



7 comments:

  1. wah ahli pajak ne bapake...salam dari denpasar.
    www.softwarebalischool.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. wah artikelnya bermanfaat sekali nih pak Putra. pak mau tanya, kalau misalkan saat import, barang yg diimport termasuk barang mewah, berarti ada 3 pajak import ?. PPn, PPh 22 dan PPnBM ?. apakah perhitungannya tinggal kalikan (CIF + ID) dengan rate PPnBM ?

    ReplyDelete
  3. Pak Bambang,

    Saya senang kalau memang bermanfaat.
    Betul sekali, hanya saja ada yang perlu diperhatikan, a.l.;
    (-) Ada standar minimum unit price dari barang yang di import. Misalnya produk mewah A, unit price minimumnya USD 2,500.00, meskipun di commercial invoice dicantumkan hanya USD 2,000.00, DBC akan tetap mengambil patokan USD 2,500.00/unit sebagai Dasar pengenaan pengenaan bea masuk (ID), nah PPh Pasal 22 maupun PPnBM-nyapun akan mengikuti. Sayangnya unyuk standar unit price list saya tdk punya musti ditanyakan langsung ke DBC sebelum inisiatif import dilakukan.

    (-)Tarif PPnBM nya lebih besar dibandingkan komoditi biasa. Pun tergantung jenis barang mewahnya.

    Goodluck...

    ReplyDelete
  4. Pak Putra,mohon bantuan untuk hal berikut: equipments (bukan new equipments, krn dpt digunakan berulang-ulang) utk service perawatan sumur minyak/gas yang didatangkan dari Middle east dan US utk jangka waktu tertentu (temporary) atau permanen di wilayah Indonesia akan dikenakan bea apa saja dan berapa besar, jika temporary dan juga permanen).
    Thanks untuk bantuannya.
    frank.

    ReplyDelete
  5. saya penggemar blog ini.. , hanya sekedar melengkapi PPh 22 Impor terdapat 2 perlakukan tarif bergantung pada ada/tdk adanya API (Angka Pengenal Impor). Bagi yang memiliki APi tarifnya 2,5% dan Non API 7,5%. Pada umumnya sekarang importir kebanyakan memiliki API

    ReplyDelete
  6. dear pak putra, artikel bapak sangat berguna sekali, apakah bisa bantu saya pak... mohon sekali bantuanya. saya beli hp bekas dari USA seharga USD 160 dan ongkos kirim USD 39. namun begitu sampai di indonesia, kenapa saya harus bayar pajar hampir 1 jutaan. padahal total barang sya hanya USD 199, kenapa pihak beacukai seperti ini?

    ReplyDelete
  7. Salam Pak Putra,

    Ada sedikit hal mengenai pajak impor yang ingin saya tanyakan.
    Begini, Saya berencana untuk membeli barang secara online dari US seharga US$350. Barang tersebut berupa alat elektronik (Tape player) dan akan saya alamatkan langsung ke orang tua saya di Indonesia(Samarinda). Semua biaya barang dan pengiriman saya tanggung dengan cara pembayaran langsung ke penjual via visa debit card.
    Yang ingin saya tanyakan apakah orang tua saya akan dikenakan pajak ketika mereka menerima kiriman barang tersebut?Kira-kira berapa jumlah pajak yg akan dikenakan?


    Terima kasih untuk bantuannya.

    ReplyDelete

Feel free to leave a comment :)

Accounting (Akuntansi), Financial (Keuangan) & Taxation (Perpajakan). Didedikasikan bagi mereka yang membutuhkan artikel, tips, Case study, spreadsheet & tools yang bersifat aplikatif.


K A T E G O R I

Account Receivable (4) Accounting (93) Accounting Case Study (15) Accounting Certification (1) Accounting Contest (1) Accounting For Manager (4) Accounting Software (2) Acquisition (5) Advance accounting (6) Aktiva Tetap (16) Akuisisi (5) Akuntansi Biaya (3) Akuntansi Dasar (2) Akuntansi Management (4) Akuntansi Pajak (9) Akuntansi Translasi (2) Announcement (6) archiving (1) ARTICLES (4) ARTIKEL (91) Audit Kinerja (1) Auditing (3) Balance sheet (1) Bank (1) Basic Accounting (1) Bea Cukai (4) Bea Masuk (7) Calculator (2) Capital (1) Career (2) Cash (1) Cash Flow (3) Certification (1) COGS (11) Contest (1) Cost (18) Cost Analysis (12) CPA (2) CPA EXAM (1) Credit (1) Credit Policy (1) Current Asset (1) Data (1) Discount (1) Diskon (1) Duty (1) Expense (4) Export - Import (15) FASB (1) Finance (8) FINANCIAL (16) Financial Control (10) Foreign Exchange Rate (1) Form (2) FOTO (1) FRAUD (2) Free Download (9) Freebies (6) GAAP (1) GAJI (3) Garansi (1) Gift (1) Goodwill (1) Hotel (1) IFRS (1) Import (5) Import Duty (7) International Accounting (1) Investasi (1) Job Vacant (1) Kas (6) Kas Bank (3) Kas Kecil (1) Kasus Akuntansi (3) Kasus Legal (2) Kasus Pajak (6) Keuangan (3) Komentar (1) Konsolidasi (4) Laba-Rugi (1) Lain-lain (15) LANDING COST (1) Laporan Arus Kas (2) Laporan Keuangan (9) Lean Accounting (1) Lean Concept (1) Lean Manufacturing (1) Legal (1) Lowongan Kerja Accounting (2) MA Accounting (3) Management Accounting (5) Merger (4) Miscellaneous (2) Modal (1) neraca (1) PAJAK (24) payroll (1) Pembelian (2) Pemberitahuan (3) Pendapatan (2) Pengakuan Pendapatan (1) Pengarsipan (1) Pengendalian (6) Pengendalian Keuangan (15) PENGGELAPAN (1) Penjualan (1) Perlakuan akuntansi (2) Petty Cash (1) PHOTO (1) Piutang (1) PPH PASAL 21 (11) PPh Pasal 22 (3) PPh Pasal 26 (2) PPn (2) PPn Import (5) Professi Akuntan (1) Profit-Lost (1) PURCHASE (2) Quiz (1) Rabat (1) Rebate (1) Retur (1) Return (1) Revenue (4) Review (1) Sales (2) SERIE ARTIKEL (1) Sertifikasi (1) Shareholder (1) Shipping Agent (1) Shipping Charge (1) Soal dan Jawaban CPA (1) SPI (1) Spreadsheet Accounting (5) Spreadsheet Gratis (4) system pengendalian (1) system pengendalian gaji (1) Taxation (18) Template (2) Tip n Tricks (4) TIPS AND TRICKS (38) Tools (8) Tutup Buku (1) Ujian CPA (1) UPAH (3) update situs (2) USAP (2) Utilities (1) Video Tutor (1) warranty (1) What Is New (7)

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Mengapa perlu men-subscribe ?
Dengan men-subscribe, anda akan menerima pemberitahuan setiap kali ada update terbaru (artikel, tips, free download template, files, dll) dari ACCOUNTING, FINANCE & TAXATION langsung di INBOX e-mail anda.
Bagaimana caranya mensubscribe ?=> Ketik e-mail address anda (pada kolom yang disediakan diatas)=> Klik tombol "subscribe"=> Setelah men-klik tombol subscribe, akan muncul window (halaman) baru=> Pada halaman baru tersebut, masukkan kode validasi yang disediakan=> Klik tombol "subscribe"=> Masuk ke inbox email anda, lalu klik link verifikasi yang disediakan=> Selesai