Pages

Pemberitahuan

Update dan postingan baru dari blog ini bisa anda temukan di Accounting-Financial-Tax.com. Di situs yang baru ini makin banyak topik di bahas, berbagai accounting standard, concept dan contoh kasus yang bervariasi. Dengn ciri khas yang sama: detail, mendalam, dan practical. Diupdate setiap hari, termasuk perkembangan terkini dari international accounting standard [IAS], International Financial Reporting Standard [IFRS], GAAP Codification [ASC], Auditing Standard, dll. Dan, semuanya disajikan dengan interface yang lebih user friendly, clear navigation yang mengkaitkan antara satu topic dengan topic lain, dengan tingkat accuracy yang selalu dievaluasi dari waktu ke waktu.

"Accounting theories and concept" adalah penting, akan tetapi apalah artinya concept dan theory jika tidak diwujudkan dalam tingkatan implementasi.

Per 2011, saya juga aktif menulis di JurnalAkuntansiKeuangan.com yang di launch baru-baru ini, meskipun tak cukup sering.

Jul 25, 2010

CASH FLOW SPREADSHEET - FREE

Free Tools & spreadsheet minggu ini adalah: CASH FLOW SPREADSHEET. Spreadsheet ini berfungsi untuk mempercepat proses pembuatan "Cash Flow Report (Laporan Arus Kas)". Spreadsheet ini telah disusun sedemikian rupa sesuai dengan bentuk laporan arus kas yang standard. So, yang belum pernah membuat laporan arus kas-pun, sekarang pasti bisa membuatnya. Tidak ada alasan untuk tidak bisa lagi. Dan bagian terbaiknya, spreadsheet ini telah dilengkapi dengan build-in formula. Anda tinggal memasukkan saldo-saldo dari buku besar, sedangkan urusan hitung-menghitungnya akan diambil alih oleh spreadsheet itu sendiri. Chart account-chart account (rekening-rekening) di dalamnya bebas anda ubah (sesuai dengan tingkat kebutuhan) sebab bagian-bagian ini sengaja tidak dilock. Spreahseet ini saya beri nama "CASH FLOW STATEMENT". [mau tahu bagaimana cara-nya mengawasi penggunaan uang anda pribadi?, silahkan kunjungi "4 steps to control your cash intelligently and increase saving"]


Menggunakan Spreadsheet "Cash Flow Statement"


Cara menggunakannya sangat mudah:

[1]. Isi cell yang berwarna putih saja, selain yang berwarna putih anda tidak perlu isi, karena spreadsheetlah yang akan melakukannya untuk anda.

[2]. Chart account (nama rekening) bebas untuk diubah sesuai dengan kebutuhan anda.

That is it!. Selesai. Laporan Cash Flow anda sudah selesai!


Bentuk Spreadsheet "Cash Flow Statement"

Bentuk dan susunannya, telah saya sesuaikan dengan standard cash flow statement yang ada. Namun demikian, anda boleh mengganti nama rekening sesuai dengan kebutuhan anda. Jika ada nama rekening yang kelihatannya tidak anda kenal (atau tidak anda butuhkan), saya sarankan sebaiknya jangan dihapus (dibiarkan saja nilainya kosong), siapa tahu kapan-kapan anda membutuhkannya.

Nah, bentuknya seperti dibawah ini:





Cara Mendaparkan Spreasheet "Cash Flow Statement"

Kali ini, caranya agak lain dari sebelum-sebelumnya. Dan kali ini saya akan agak strick. Saya ingin memastikan hanya rekan-rekan yang benar-benar membutuhkannyalah yang akan mendapatkannya.

Mengapa ini saya lakukan? Karena saya tidak mau lama-lama storage anda penuh terisi oleh spreadsheet-spreadsheet atau freebies lainnya yang EVEN TIDAK PERNAH ANDA SENTUH. Itu sia-sia, untuk apa memenuhi storage anda dengan sesuatu yang tidak anda butuhkan. Jikapun selama ini, setiap spreadsheet/tools yang saya berikan selalu ada aturan mainnya, karena apapun yang saya buat hanya untuk membantu orang yang benar-benar membutuhkannya.

Okay, caranya:

Saya kasi sebuah Accounting Quiz, tugas anda adalah menjawabnya. Jangan khawatir, pertanyaanya sangat mudah (Itu jika anda serius).

Anda merasa dipersulit?

Come on.... dengan menjawab quiz ini, anda sekaligus berlatih untuk kemajuan anda sendiri, bukan untuk saya.

Anda merasa ini ribet?

Kalau iya, berarti anda tidak benar-benar membutuhkan spreadsheet ini, so untuk apa?

Okay, here is the problem that need you to solve:

Berikan penjelasan bedanya "Cost" dengan "Expense", sertakan contoh nya masing-masing.

Tulis jawaban anda dengan menulis komentar, jangan lupa sertakan e-mail address anda, sekalilagi jangan lupa cantumkan e-mail address anda.
Warning:
Saya mengerti pendapat orang bisa saja sama, tapi cobalah sampaikan pendapat anda sendiri dengan menggunakan bahasa anda sendiri juga, use your own tones.

Mudah bukan?

Selamat menjawab quiz, dan dapatkan free spreadsheet Cash Flow Statament. Yang belum subscribe jangan lupa subscribe: Accounting Finance Taxation

415 comments:

  1. Cost atau kos (suwardjono) atau biaya (IAI) adalah pengeluaran modal untuk keperluan usaha.
    Contoh : pembelian aset, belanja bahan
    Sedangkan Expense atau biaya (suwardjono) atau beban (IAI) adalah pengeluaran yang mempunyai kriteria konsumsi manfaat, lenyapnya manfaat dan keterhabisan kos (cost expiration).
    Contoh : biaya gaji, biaya penyusutan,dll

    Istilah cost dan expense dalam bahasa indonesia saat ini masih rancu. Terlihat dari perbedaan antara IAI yang menyebut cost adalah biaya dan suwardjono mengartikan biaya adalah expense. bingung kan?

    ReplyDelete
  2. To : Pak Irwan

    Nah begitu dong :-) supaya lebih seru. Sengaja saya mengambil pertanyaan ini, karena memang topic ini lumayan seru :-)

    Perlu saya tambahkan, untuk yang berikutnya, mohon anda "tidak mencontek mentah-mentah jawaban yang telah ada. Saya mengerti pendapat orang bisa sama, but try to use your own tones (pakai bahasnya sendiri), be whoever you are.

    Nanti quiz ini akan kita bahas pastinya.

    ReplyDelete
  3. Cost merupakan pengeluaran yang mana pengeluaran tersebut adalah sebagai ganti rugi atau pengorbanan yang dikeluarkan. Biasanya cost lebih berhubungan dengan harga atau ongkos dan melekat pada suatu barang/jasa yang dilakukan.
    Contoh: cost untuk perbaikan mesin merupakan pengeluaran yang terjadi saat mesin diperbaiki.

    Sedangkan expense adalah pengeluaran yang mana pengeluaran tersebut merupakan suatu yang wajib dikeluarkan atas pengorbanan yang terjadi. Contoh, biaya perbaikan mesin merupakan pengeluaran yang terjadi atas pemakaian mesin tersebut.

    ReplyDelete
  4. saya aga sependapat dengan bapak irwan cahyono mungkin kalau mau pake bahasa singkatnya seperti ini :

    Cost adalah pengeluaran yang dapat di hindari minimal bisa di minimalisir total pengeluarannya.
    Contohnya : kita membeli bahan baku A, kita bisa melihat atau mencari toko mana yang menyediakan bahan baku tersebut yang lebih murah


    Sedangkan Expense pengeluaran yang dalam jumlah hampir tetap dan sudah terstruktur contohnya seperti yang Pak Irwan sebutkan : biaya gaji , biaya penyusutan dll

    Email : landy_akbar@yahoo.com

    Makasih Pak Putra :)

    ReplyDelete
  5. Pengeluaran atau pengorbanan yang tak terhindarkan untuk mendapatkan barang atau jasa
    dengan tujuan memperoleh maslahat; pengeluaran untuk kegiatan, tujuan, atau waktu tertentu,
    seperti ongkos pengirman, pengepakan, dan penjualan dimaksudkan untuk memperoleh
    penghasilan; dalam laporan laba rugi perusahaan, komponen biaya merupakan pengurang dari
    pendapatan; pengertian cost berbeda dengan expense; semua cost adalah expense, tetapi tidak
    semua expense adalah cost

    Kalau ada yang kurang saya minta maaf

    antontrisno05@yahoo.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  6. Cost: pembiayaan untuk aktivitas operasi perusahaan yang pada akhirnya akan menjadi penghasilan

    Expense : pembiayaan yang menunjang operasi perusahaan dan tidak bisa bisa diharapkan menjadi penghasilan

    ReplyDelete
  7. Kalau menurut saya Cost dan Expense secara harafiah itu artinya sama yaitu "Biaya", namun secara pemahaman dapat dibedakan dari ruang lingkupnya . Contohnya:
    *"Cost" atau "Biaya": Operating Cost yaitu segala bentuk biaya/beban yang keluar dalam menjalankan sebuah operasi/alur/usaha dalam sebuah perusahaan sedangkan
    *"Expense" atau "Biaya": Salary Expense yaitu biaya gaji untuk karyawan dalam menjalankan pekerjaan demi mendukung (termasuk di dalam) operasi/alur/usaha dari perusahaan seperti tersebut di atas.

    Dedy Limanto
    limanto_d@yahoo.com

    ReplyDelete
  8. Namo Buddhaya,
    sy hnya coba ingin tambahkan sedikit. Cost pny beberapa arti harga,biaya,ongkos misal Cost of Good Sold = Harga Pokok Penjualan, klo expense cuma bs biaya misal salary expense.

    Mnurut sy cost lebih sering dipakai dlm istilah dlm pengklasifikasian jenis biaya secara umum misal cost accounting, direct & indirect cost, etc, kan gak ada expense accounting, direct & indirect expense, etc?

    memang benar orang ada blg cost = biaya, pengeluaran utk future yg brmanfaat. exp=beban ,pengeluaran utk memperoleh pendapatan. Ataupun cost(kos) = angka2 yg melekat pd jenis biaya tsb, klo exp(biaya)= pengeluarn utk raih income.

    Mnurut sy, blum ada penjelasan pasti mengenai ini. Namo Buddhaya.
    email addr : tbk_edi[at]yahoo.co.id

    ReplyDelete
  9. Cost menurut saya adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan yang hasil akhirnya akan nampak dalam Neraca.

    Expense menurut saya adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan yang hasil akhirnya akan nampak dalam Laporan Laba Rugi.

    tribudiono@yahoo.com

    ReplyDelete
  10. Cost adalah biaya rutin yang dikeluarkan/dibayarkan.

    Sedangkan expense adalah biaya fariable yang bukan rutin.

    h_hamdani212@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  11. Cost adalah pengeluaran modal untuk keperluan usaha atau untuk memproduksi suatu barang.
    Contoh : pembelian aset, belanja bahan untuk produksi
    Sedangkan Expense adalah pengeluaran yang mempunyai kriteria konsumsi manfaat, lenyapnya manfaat dan keterhabisan



    heri_janto@yahoo.com

    ReplyDelete
  12. Saya berusaha untuk menjawab sebisa saya, mohon maaf kalau keliru :)

    Cost mungkin berupa expense atau mungkin juga berupa aset. Expense adalah “cost” yang mempunyai masa akhir dan umumnya berhubungan dengan pendapatan.

    Contoh:
    1. Perusahaan mambayar asuransi bangunan kantor sebesar Rp. 1.200.000,- untuk jangka waktu 12 bulan. Biaya asuransi bangunan kantor ini merupakan cost. Setiap bulan perusahaan melakukan diamortisasi dan mencatat sebagai biaya asuransi. Biaya asuransi ini merupakan expense. Bagian yang belum jatuh tempo dicatat sebagai asuransi dibayar dimuka.

    2. Perusahaan membeli aktiva berupa mesin yang akan digunakan dalam proses produksi. Harga perolehan aktiva mesin tersebut merupakan cost. Pada akhir periode akuntansi, perusahaan melakukan penyusutan atas aktiva mesin tersebut sebagai biaya penyusutan. Biaya penyusutan ini merupakan expense

    Terima kasih

    e-mail: willy_tandauli@yahoo.com

    ReplyDelete
  13. Great!

    So far pendapat mengenai "Cost/KOS" Vs "Expense" beraneka ragam. Basically they are all fine (walaupun tidak sepenuhnya). You are great!. Ditunggu.... dan siap-siap buka mailbox-nya sore ini, jangan lupa check juga folder-folder yang lain (Junkmail, Bulk, Spam folder).

    Thanks God, ternyata tidak keliru anggapan yang mengatakan "Tidak ada orang accounting/Keuangan yang maen-maen". hehehe.....


    FOR NEXT INQUIRIES......

    Untuk permintaan-permintaan berikutnya PERTANYAAN SAYA UBAH MENJADI:

    "MESIN PHOTO COPY DI KANTOR ANDA RUSAK, HASILNYA KABUR. SETELAH DI CHECK OLEH BAGIAN MAINTENANCE TERNYATA BANYAK COMPONENT YANG RUSAK DAN MEMERLUKAN PENGGANTIAN, APA YANG AKAN ANDA LAKUKAN?"

    Silahkan djawab, jangan lupa sertakan e-mail address-nya.

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  14. Dear pak putra...

    Wah...jadi lebih seru nih ada quiznya,saya coba untuk mengartikan :
    Expense : yaitu beban yang harus dan rutin dikeluarkan oleh peusahaan yang menyangkut beban administrasi atau beban umum guna menunjang kegiatan perusahaan.
    Contohnya : beban upah dan gaji karyawan, beban penyusutan, beban pembayaran pajak, dll

    Cost : yaitu biaya yang intensitas pengeluarannya tidak rutin hanya sewaktu-waktu dikeluarkan oleh perusahaan tetapi biaya ini juga tetap untuk menunjang jalannya aktivitas perusahaan.
    Contohnya : biaya produksi.

    Mungkin penjabaran saya kurang begitu detail atau kurang benar tapi sewaktu saya kuliah dulu penjabaran tersebut yang saya pakai untuk membedakan arti dari expense dan cost karena memudahkan saya sendiri untuk selalu mengingatnya.
    Tolong dikoreksi ya pak putra jika yang saya jabarkan tidak benar.
    Email : thio.rahayu@sikakharisma.com

    Salam,

    Thio

    ReplyDelete
  15. Dear pak putra...

    Yang akan saya lakukan yaitu dengan mengajukan permohonan anggaran biaya untuk pembelian component yang rusak agar mesin fotocopy tersebut secepatnya dapat diperbaiki bisa saja sih saya fotocopy ditempat jasa fotocopyan tetapi menurut saya akan lebih mengeluarkan biaya yang lebih sering dan banyak dibandingkan dengan kita membeli sparepartsnya lansung yang mana akan jauh lebih efisiensi.
    Email : thio.rahayu@sikakharisma.com

    Salam,

    thio

    ReplyDelete
  16. To: Thio

    Terimakasih anda menjawab 2 pertanyaan. Mungkin saat saya mengganti pertanyaan anda sudah menjawab pertanyaan pertama. Sorry jika itu bothering.

    Ditunggu spreadsheet "cash flow statement".

    Have a nice day!

    ReplyDelete
  17. yang saya lakukan adalah segera menggantinya memang biaya yg harus dikeluarkan tidak murah tetapi dibandingkan setiap mau fotocopy kita harus keluar kantor tentunya biaya jadi lebih mahal ditambah waktu yang dibutuhkan lebih banyak
    e-mail : vi_ferry07@yahoo.com

    ReplyDelete
  18. Selamat siang......
    Saya akan coba pertanyaan Bapak, beda Cost & Expense :

    Cost : Pengeluaran atau pengorbanan yang yang nilainya masih dapat ditekan.
    Ex : Biaya Produksi, biaya ini masih dapat ditekan nilai nominalnya.

    Expense : Pengeluaran atau pengorbanan yang yang nilainya tidak dapat dihindarkan lagi.
    Ex : Biaya Listrik, Sewa, Gaji, dll.

    ReplyDelete
  19. Mo ikutan juga ah biar dapet spreadsheeetnya....
    Menurut saya..
    Cost itu biaya-biaya yg dipergunakan untuk operasional yang berhubungan dengan pendapatan perusahaan, misal pembelian mesin2 utk membuat produk
    Expense itu biaya-biaya yang digunakan untuk membayar kebutuhan operasional perusahaan, seperti gaji karyawan
    kurang lebihnya seperti itu...maap kalo ga salah

    nur4y4@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  20. yg saya lakukan adalah mengganti nya, memang biaya penggantiannya tidak murah tetapi dibandingkan dengan kalau setiap kita mau foto copy harus keluar kantor tentunya biaya jauh lebih mahal ditambah lagi waktu yang dibutuhkan jadi lebih banyak...
    e-mail : vi_ferry07@yahoo.com
    Thanks pak putra

    ReplyDelete
  21. Pak Putra,

    Menurut saya, mesin tersebut kan ada biaya penyusutannya, kita lihat umur ekonomisnya masih ada atau memang sudah habis. kalau ternyata umurnya sudah habis, ya kita buat pengajuan untuk di ganti tetapi sebaliknya kalau memang umurnya masih panjang ya di perbaiki saja dan itu kan yang namanya expense? he .. he ..

    Terima Kasih,
    saya tunggu spreadsheet nya pa...

    extra_ys@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  22. SANGAT KREATIF !!
    BRAVO PAK PUTRA !!

    JAWABAN SAYA MENGENAI MESIN FOTOCOPY TERSEBUT SBB:
    > HAL PERTAMA YG SAYA LAKUKAN ADALAH MENGECEK SEBERAPA BESAR BIAYA YG HRS DIGUNAKAN UNTUK MEMBELI KOMPONEN2 YG RUSAK.
    > KEDUA, SAYA AKAN MEMBANDINGKAN HARGA PEMBELIAN 1 UNIT MESIN FOTOCOPY TSB DGN HRG KOMPONEN2 YG HRS SAYA BELI. APABILA SELISIH HRG TIDAK TERLALU JAUH (KRN BIASANYA KOMPONEN2 BISA SANGAT MAHAL)SAYA AKAN MEMPRIORITASKAN UTK MENGGANTI DGN 1 UNIT MESIN YG BARU, TP DENGAN PERSYARATAN BAHWA DANA YG AKAN SAYA GUNAKAN SESUAI DENGAN BUDGET YG ADA BILA TDK MENCUKUPI YAH, SAYA BELI KOMPONENNYA SAJA ^0^

    JACKY LAKUSA
    jq_lakusa@yahoo.com

    ReplyDelete
  23. untung quisnya diganti pak, terus terang yg pertama saya bingung (maklum).. tp karena baca comment disini jd ngerti :) thx
    kalo mesin FC di kntor rusak :
    1. Kalkulasi biaya service+komponen
    2. Kalau menambah masa manfaat, maka dikapitalisasi
    3. Bugdet saya max 50% dari harga baru, jd klo buat service lebih dari itu mendingan beli baru :D

    Dayat (dayat_bara@yahoo.com)

    ReplyDelete
  24. Faisal (fhsukmana@yahoo.com29/5/08 2:05 AM

    langkah yang saya ambil
    1. Tanya total biaya service dan evaluasi masa pakai spareparts yang rusak tersebut
    2. Tanya harga baru type yang sama sekalian kalo tukar tammbah berapa?
    3. Tanya Rental Fotocopy machine type yang sama berapa (tentunya free maintenance. mesin yang lama dijual saja (Survey harga jual kondisi rusak dengan setelah di service)
    Bandingkan biaya yang dikeluarkan dan umur manfaat yang didapat dari ketiga pilihan yang ada. dari yang paling efisien lah yang akan saya ambil keputusannya.

    ReplyDelete
  25. Faisal (fhsukmana@yahoo.com29/5/08 2:05 AM

    langkah yang saya ambil
    1. Tanya total biaya service dan evaluasi masa pakai spareparts yang rusak tersebut
    2. Tanya harga baru type yang sama sekalian kalo tukar tammbah berapa?
    3. Tanya Rental Fotocopy machine type yang sama berapa (tentunya free maintenance. mesin yang lama dijual saja (Survey harga jual kondisi rusak dengan setelah di service)
    Bandingkan biaya yang dikeluarkan dan umur manfaat yang didapat dari ketiga pilihan yang ada. dari yang paling efisien lah yang akan saya ambil keputusannya.

    ReplyDelete
  26. Pak Putra,
    Andai mesin FC di tempat saya rusak, yang saya lakukan :
    1. memastikan kerusakan dan komponen yang harus diganti.
    2. Kalkulasikan biaya, apabila masih feasible untuk diservice ajukan penggantian sparepart. Apabila melebihi separuh harga baru, mendingan ajukan pembelian baru yang lama dijual.

    Trims, mudah-mudahan spreadsheet nya segera dikirim.

    Dani : h_hamdani212@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  27. Saya sedikit memberikan pendapat mengenai perbedaan Cost dengan Expense :
    kalau Cost itu lebih kedalam perhitungan akuntansi yang mempunyai tolak ukur yang jelas.
    sedangkan expenses : pengeluaran atau beban yang harus ditanggung dalam melakukan suatu usaha.

    Terimakasih
    Afdhol marthoni
    toni.afdhol@gmail.com

    ReplyDelete
  28. oh pertanyaanya sudah diganti ya mas, oke kalau memang mesinnya rusak yang akan saya lakukan adalah :
    menghitung componen-componen apa saja yang rusak kemudian menghitung biaya permasing -masing komponen kemudian melaporkan dan meminta persetujuan pimpinan untuk dapat menyetujui untuk melakukan penggantian terhadap mesin yang rusah tersebut.
    Mudah-mudah tools dikirimin..

    afdhol marthoni
    toni.afdhol@gmail.com

    ReplyDelete
  29. cost adalah biaya yang dicatat dan dikeluarkan pada saat kita memperoleh barang atau jasa.
    contoh biaya bahan baku

    expense merupakan beban yaitu pengorbanan yang diperlukan atau dikeluarkan untuk merealisasi hasil
    contoh marketing dan selling expense.

    sensiganma@yahoo.com

    thanks

    ReplyDelete
  30. Utk Mesin Foto Kopi :
    1. Cek buku :
    a. Sudah berapa lama mesin ini digunakan, berapa nilai bukunya?
    b. Sudah berapa sering dan banyak ongkos penggantian dan reparasi yang dikeluarkan sampai dengan saat ini?
    2. Cek berapa uang yang harus dikeluarkan jika dilakukan reparasi atas kerusakan ini.
    3. Cek berapa harga baru mesin copy dgn standar output yg sama dgn mesin yang rusak.
    4. Keputusannya ....? :)


    Sepertinya, kalkulasi dan (terutama) pengukuran untuk sampai kepada keputusan yang terbaik adalah cukup panjang untuk diperdebatkan di sini.

    Yang saya dapat adalah barangkali Pak Putra ingin menyampaikan penjelasan tentang perbedaan COST dgn EXPENSE lewat contoh di mesin foto kopi ini. Kita tunggu ya.....


    God Bless U
    Harry

    ReplyDelete
  31. Ikutan sayembara ah..lagi sangat membutuhkan spreadsheet ini untuk usaha kami.
    yangs aya lakukan :
    1. Check nilai dan umur mesin fotocopy, berapa harga beli dulu, berapa biaya service yang pernah dikeluarkan.
    2. Cek biaya service yang dibutuhkan.
    3. Cek harga mesin fotocopy baru.
    kalau ternyata :
    1. Bila nilai dan umur mesin masih tinggi dan belum tua, akumulasi biaya belum banyak, ongkos reparasi relatif sedikit, dibandingkan harus beli baru, ya diperbaiki saja.
    2. Nilai barang sudah kecil dan akumulasi biaya service yang sdh dikeluarkan terlalu tinggi, serta umur mesin cukup tua, dan ongkos reparasi relatif tinggi, sedangkan bila membeli yang baru harga tidak mahal maka lebih baik mesin "dilem biru saja " ( Dilempar beli baru : baca tukar tambah).

    Salam,
    naning
    biumasgroup@gmail.com

    ReplyDelete
  32. Selamat pagi...

    Ada beberapa langkah/tahapan yang aka saya lukukan selaku staff keuangan di jika mengalami kejadian seperti ini:

    1. Saya akan cek, kapan mesin ini dibeli, masa manfaatnya, dan sudah berapa biaya yang dkeluarkan untuk mesn foto copy in.

    2. Jika ternyata biaya service yang dikeluarkan terlalu besar. Maka keputusannya saya akan membeli mesin foto copy yang baru.

    3. Jika biaya service masih dapat ditekan, maka saya akan mempertahan kan mesn yang lama. Dengan catatan kualitas dari hasil fotocopy tidak buram lagi.

    Thx be4.

    ReplyDelete
  33. cost : merupakan pengeluaran yang dikeluarkan untuk menghasilkan suatu income
    contoh. pembelian peralatan,pembelian bahan baku sedangkan
    expense merupakan pengeluaran yang dikeluarkan untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan
    contoh. biaya gaji, biaya transport dsb

    Email. fxcandra@gmail.com

    ReplyDelete
  34. Dear Pak Putra,
    Menurut Saya yang awam:

    COST (Biaya)= Pengorbanan ekonomis perusahaan untuk memperoleh barang & jasa yang memiliki manfaat potensial bagi kegiatan perusahaan

    EXPENSE (Beban) = Jika manfaat potensial dari barang dan jasa diatas sudah berkurang atau hilang, maka akan menjadi beban

    Mohon dikirimkan yaaa....Saya butuh banget...

    Terimakasih
    firliansyah_bay@yahoo.com

    ReplyDelete
  35. Pak Putra,

    Jawaban saya perbedaan cost dan expense

    Cost adalah : jumlah yg dikeluarkan yg dpt diukur dlm satuan uang misalnya kas yg dibayarkan, nilai jasa yg diserahkan dlm rangka pemilikan barang dan jasa

    Expense adalah : biaya yg dikeluarkan dalam memperoleh penghasilan yg akan digunakan sebagai pengurang penghasilan seperti biaya adm, umum, marketing

    Saat ini saya membutuhkan sekali spreadsheet untuk cash flow statement, namun apakah ada untuk perkebunan sawit contoh-contoh neraca, lap. laba rugi

    Mohon dikirimkan ke jerri_rizaldi1970@yahoo.com

    Terima kasih pak Putra

    ReplyDelete
  36. Dear Pak Lie,

    Pertanyaan yang bpk ajukan menarik sekali.
    Dalam kondisi mesin foto copy yang rusak harus dilihat dulu hal-hal sebagai berikut :
    1. Berapa Umur ekonomis mesin foto copy tersebut (apakah sudah habis penyusutannya )
    2. Berapa biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk pembelian spare part jika diperbaiki sendiri.
    3. Seberapa sering (frekuensi pemakaian mesin foto copy tsb jika dibandingkan kita foto copy ditempat lain )
    4. Berapa biaya yang harus dikeluarkan jika harus di service di tempat lain (jasa service)
    5. Berapa harga mesin foto copy yang baru.(dengan asumsi yang lama dijual + tukar tambah dengan yang baru )

    Jika kita sudah tentukan mana yang lebih efisien dan ekonomis maka kita bisa mengambil keputusan untuk mesin foto copy yang rusak itu.

    salam,

    yulion74@yahoo.com

    ReplyDelete
  37. Pendapat saya mengenai FC :
    1.Cek usia mesin FC dan berapa nilai bukunya.
    2.Hitung berapa besar biaya penggantian spareparts baru.
    3.Bandingkan dengan harga FC baru.
    4.Apabila harga penggantian spareparts baru lebih mahal atau biaya lebih dari 50% dari harga mesin FC lama maka lebih baik ajukan anggaran untuk membeli mesin FC baru.

    mohon dikirimkan ke : mun_alip@yahoo.co.id

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  38. Pa Putra, Aku boleh ikut memberi komentar.. mnurut aku beda expense & cost hanya di masalah periode waktu / matching cost. Untuk expense & cost keduanya merupakan biaya. Expense=biaya yang sudah jelas waktu pembebanannya contoh : biaya listrik, gaji, pemeliharaan.
    Cost=biaya yang pembebanannya belum diakui oleh perusahaan mis Down payment, biaya setahun dialokasi 12 bln (biaya dibayar dimuka)

    Untuk mesin foto langkah yg ditempuh:
    1. berapa biaya perbaikan + spare part bandingkan jika beli mesin FC baru.
    2. Sewa foto copy merupakan 1 alternatif yang boleh dicoba jika perusahaan tidak mau pusing dengan biaya pemeliharaan mesin FC tiap bulan.

    Maaf pa putra, klo ada salah kata atao pendapat yang tidak berkenan.
    Aku ingin semua program excel pa..
    Thx

    ReplyDelete
  39. dari mun_alip@yahoo.co.id dan permintaan2 sebelumnya telah dikirimkan "Cashflow Statament Spreadsheet" kecuali:

    [-]. Edstea : Saya tidak menemukan e-mail anda di database, silahkan tulis emailnya.

    [-]. Anonymous: anda juga tidak meinggalkan email address. silahkan post email anda.

    Have a nice day!

    Putra

    ReplyDelete
  40. Pak Putra,

    Kiriman spreadsheet cash flow sudah diterima dan langsung digunakan

    Terima kasih

    ReplyDelete
  41. Pak putra ini jawaban perdana saya lho... (ud malam semoga ga ngawur) hehe...

    Menurut saya, karena mesin FC banyak komponen yang rusak dan perlu perbaikan maka:

    A.Ganti yang baru, bila:
    1. Mesin FC sudah Tua,(lihat Nilai bukunya jangan2 sudah nihil...hehe)
    2. Biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan terlalu tinggi (mungkin krn ada komponen utama mesin yg rusak)
    3. Mesin FC sudah ketinggalan zaman ( sudah tidak effisien lagi krn biasanya mesin tua wattnya besar, kecepatan rendah, lambat, tidak gesit, belum lg ukurannya besar menghabiskan tempat saja)

    B. Cukup diperbaiki, bila kebalikannya...

    semoga jawaban saya, bisa dapatin spreadsheet cash flownya plz...

    Cheers...
    Theresia Tina
    theresia.tin4@hotmail.com

    ReplyDelete
  42. berdasarkan ruang lingkupnya expense adakah bagian dari pada cost.

    ReplyDelete
  43. pak putra, saya coba menjawab mudah-mudahan bisa memenuhi syarat dapet spreadsheet cash flownya ya..

    - kalau mesin fc rusak, dilihat lg perbandingan antara biaya perbaikan& pembelian komponen mesin dan biaya beli mesin yang baru. lebih efisien mana.kalau mesin fc sudah uzur, lebih baik beli baru,hehe..
    - alternatif sewa mesin fotocopi saja apabila frekuensi fc cukup tinggi tapi tidak mau pusing dengan biaya perbaikan (spt dikantor saya)

    salam
    tina
    tina_herma@yahoo.com

    ReplyDelete
  44. Selamat siang Putra Ehmmm...pendapat saya mengenai mesin foto copy:
    1.Cek nilai buku mesin tsb.
    2.Hitung sudah berapa besar biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki mesin tsb.
    Keputusan yang diambil:
    a.Apabila biaya service & spareparts nilainya lebih mahal dari mesin fotocopy yang baru, maka = beli mesin yang baru
    b.Apabila biaya service & spareparts nilainya lebih murah dari mesin fotocopy yang baru, maka = tetapmenggunakan mesin yang lama

    mohon dikirim ke :
    sari_sabrin@yahoo.com

    Thx be4.

    ReplyDelete
  45. saya coba jawab pertanyaanya, soalnya perlu sekali spread sheet cashflownya,.
    Perbedaan cost dan expense
    cost merupakan biaya yang berkaitan dengan pembelian barang dan jasa untuk menghasilkan produk sedangkan expense merupakan biaya operasional rutin perusahaan.
    Menghadapi masalah mesin foto copy yang rusak, yang saya lakukan :
    - Estimasi biaya repair
    - Estimasi harga mesin baru
    - Estimasi benefit pembelian mesin baru
    -membandingkan antara benefit repair dan beli baru untuk mengambil yang paling menguntungkan
    Makasih Pak Putra

    ReplyDelete
  46. Cost adalah biaya yang dikeluarkan untuk dapat menghasilkan revenue, misalnya pembelian kayu untuk dibuat mebel. Sedangkan Expense adalah biaya yang dikeluarkan untuk aktivitas yang mendukung/support kegiatan menghasilkan revenue, contohnya gaji staf akunting

    Arvin
    arvin.lw@gmail.com

    ReplyDelete
  47. Kasus Fotocopy,
    saya pernah dihadapi pilihan ini, dan yang saya lakukan yaitu :
    1. Menghitung biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan.
    2. Menghitung biaya yang dibutuhkan untuk beli mesin FC baru.
    3. Mencari alternatif sewa.

    ---
    setelah dihitung-hitung ternyata lebih efektif beli baru, ya jadi kami putuskan beli baru !

    --------
    pak putra saya ketinggalan kuis "cost & exspense" saya lagi tugas keluar kota nih.

    Bisa dikirimin juga "spreadsheet"nya ya !

    salam
    Arif Harsono
    arif_harsono@prospect.co.id

    ReplyDelete
  48. Sore pak putra,
    Cost adalah semua biaya yang dikeluarkan secara langsung dalam memperoleh revenue. Contoh : Sebuah toko obat, maka yang termasuk cost adalah pengeluaran untuk beli obat2an yang akan dijual kembali. Sedangkan expenses adalah segala pengeluaran yang tidak terkait langsung dengan perolehan revenue. Contoh : Gaji Accounting Staff.

    Sumara
    njsumara@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  49. Dalam situasi seperti ini, sejumlah langkah yang perlu ditempuh adalah:

    1. meminta bagian maintenance untuk :
    a. mencari informai sebanyak mungkin tentang kemungkinan spare part pengganti dengan pilihan : harga paling murah atau kualitas paling bagus.
    b. menggudangkan dan mengamankan mesin tersebut sampai diambil langkah berikutnya.
    c. mengumpulkan informasi mengenai standar operasional pengoperasian mesin foto kopi tersebut.

    2. Mengumpulkan informasi mengenai kemungkinan program tukar tambah untuk mesin tersebut.

    3. Dari informasi-informasi tersebut, kemudian diputuskan untuk memperbaiki mesin itu dengan mengganti komponen-komponen yang diperlukan kemudian tetap memakainya atau menjualnya.

    fahmi_pur@plasa.xom

    ReplyDelete
  50. saya coba jawab, biar dapet spreadsheetnya.
    Cost adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam rangka memproduksi barang seperti material, ongkos kirim, dst
    Expense berkaitan dengan biaya operasional rutin perusahaan.
    Dalam kasus fotocopy yang rusak yang dilakukan:
    -estimasi biaya repair
    -estimasi mesin baru
    -estimasi nilai tambah dari beli mesin baru
    -membandingkan biaya yang lebih murah antara repair atau beli baru
    terima kasih pak putra, ditunggu spreadsheetnya

    eazy_ci@plasa.com

    ReplyDelete
  51. mo coba jawab ah, lumayan dapet spredsheet gratis.

    Klo mesin FC rusak:
    1. Kalkulasi jumlah biaya pembelian suku cadang.
    2. Periksa umur ekonomis FC
    3. Cari informasi tentang harga mesin FC baru.
    4. Jika umur ekonomisnya sudah hampir habis dan harga perbaikan serta pembelian suku cadang cukup besar, mending beli baru aza.
    5. Coba cari info ada gak orang yang mo beli mesin FC dalam keadaan rusak.
    6. Jika ada yang mo beli dan harganya tidak berbeda dengan sisa penyusutan mending di jual aza dari pada menuh2in gudang. hehehehehe. Tq

    ReplyDelete
  52. Salut buat Pak Putra atas blognya. Salut juga atas quiz yang dibuat. Sungguh mendidik dan mencerahkan saya yang tidak begitu melek akuntansi.

    Jawaban saya atas quiz untuk kasus mesin fotocopy adalah "tergantung di posisi mana kita berada".

    Jika kita berada di posisi OB / karyawan yang harus meng-copy dokumen maka harus segera pergi mencari mesin yang bagus untuk menyelesaikan tugas / keperluan.
    Jika berada pada posisi pemegang tanggung jawab / manager, maka dilakukan perhitungan. Jika pergantian mesin baru lebih menguntungkan dilihat dari sisi efisieni dan lebih murah, maka itu yang harus dilakukan.


    Pak Putra, tolong dong diberi jawaban quiz Cost vs Expense...supaya saya bisa ngerti lebih jelas.

    Mohon dikirim program-program excel Pak Putra. Sebagai materi pembelajaran saya, supaya lebih mengerti. THX.

    Regard,
    Billy
    bgdg_jc@yahoo.com

    ReplyDelete
  53. Seru juga neh ikutan quiz berhadiah (saya baru tau pak .. maaf udah lama ga monitor blog bapak)

    Menjawab soal mesin fotocopy :
    kebetulan dikantor saya mesin copy nya sewa, yaa jadi kalo ada masalah tinggal telpon aja ke vendornya nanti dia yang akan betulin, kecuali toner ama kertas kita tidak mikirin biaya lainnya.

    Tapi kalo mesin milik sendiri, yang harus dipertimbangkan adalah
    besarnya biaya perbaikan yang diperlukan, apabila melebihi batas kebijakan kapitalisasi perusahaan dan atau perbaikan itu akan memberikan masa manfaat untuk jangka panjang tentunya akan di catat sebagai cost. Sebaliknya bila biaya yang dikeluarkan relatif kecil (masih dibawah batas kebijakan kapitalisasi)maka biaya yang dikeluarkan akan dicatat sebagai expense untuk periode ybs.
    Namun harus juga diperhitungkan untung ruginya memperbaiki dibanding ganti baru.

    (zulfi hasdi - zulfihasdi@gmail.com)

    ReplyDelete
  54. Pak Putra, saya jawab nih pertanyaannya :
    Cost : merupakan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan guna kelangsungan proses produksi yang nantinya digunakan dlm mendapatkan revenue (u/ gross profitnya)
    Expense : merupakan biaya yang yang dikeluarkan tiap bulan yang mendukung aktivitas perusahaan spt biaya gaji, medical allowance, biaya entertaint, electricity, yang nantinya utk menghitung net income-nya.

    Pak Putra, tolong banget saya dikirimi spreadsheetnya ya, krn selama ini saya buat bentuk cash flow-nya tdk bisa seringkas tp detail spt pak putra
    Thx..

    Ita
    novita_sunarto@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  55. Cost : nilai pengorbanan untuk memperoleh suatu barang.
    contoh :biaya bahan baku langsung
    Expense (beban) : sudah dimiliki dan dimanfaatkan.
    contoh : beban sewa kantor

    ReplyDelete
  56. Aduh pertanyaannya ternyata di ganti :)
    Untuk kasus fotokopi yg saya lakukan:
    1. Meminta usulan dr bagian Maintenance apakah butuh penggantian mesin fotokopi baru atau diperbaiki.
    2. Jika di perbaikin maka requesition brg akan disampaikan ke bag pembelian dan nantinya akan menjadi biaya (pemeliharaan mesin)
    3. Jika diputuskan akan beli mesin baru maka hrs di tanyakan mesin lama di apakan (replacement/ disposal), dan mencatat jurnal atas pembelian tsb dan merubah DAT.

    Sekian opini saya, saya tunggu kiriman cash flownya pak. Tq !

    From: DWI / key_ripper@yahoo.com

    ReplyDelete
  57. To:

    Saya minta maaf, spreadsheet baru saya kirimkan. Next time saya akan berusaha atur waktu dengan lebih baik lagi.

    tina_herma@yahoo.com : Submitted
    sari_sabrin@yahoo.com: Submitted
    arvin.lw@gmail.com: Submitted
    arif_harsono@prospect.co.id: Submitted
    njsumara@yahoo.co.id: Submitted
    fahmi_pur@plasa.com: Submitted
    eazy_ci@plasa.com: Submitted
    bgdg_jc@yahoo.com: Submitted
    zulfihasdi@gmail.com: Submitted
    novita_sunarto@yahoo.co.id: Submitted
    key_ripper@yahoo.com: Submitted


    To:

    Anonymous:
    Anda lupa menulis email address, silahkan ditulis lagi.


    Serec:

    Sayang sekali anda tidak menulis email address dibawah jawaban anda. kemana saya harus kirimkan?, silahkan ditulis kembali.


    Neisha:

    Anda juga lupa menulis email address, silahkan post kembali email addressnya.


    Ade:

    Sama, anda juga tidak menulis e-mail address. silahkan ditulsi lagi ya ade.

    ReplyDelete
  58. Dear Pak Putera,

    Saya Anonymous yang lupa menginformasikan e-mail add saya.

    e-mail saya: jeane.haro@gmail.com

    Tolong dikirim spreadsheet Cash Flow nya ya Pak.

    Thanks

    ReplyDelete
  59. Dear Pak Putra,

    Untuk penggantian atau perbaikan FC, menurut saya harus dilihat dari berbagai sisi:
    1. Umur ekonomis aktiva
    Apakah umur FC tersebut sudah habis, atau akan habis beberapa bulan kedepan? Jika ya, mungin usulan beli baru dapat dipertimbangkan. Jika tidak, korelasikan dengan besar biaya perbaikan FC tsb.
    2. Biaya perbaikan
    Apakah besar biaya yang dikeluarkan hampir sama dengan biaya perolehan FC baru? Jika ya, lebih baik beli FC baru. Jika tidak, apakah biaya yang dikeluarkan tersebut dapat menambah umur FC yang rusak melebihi umur ekonomis semula? Jika ya, mungkin diusulkan untuk perbaikan. Jika tidak, lebih baik beli baru.

    Saya tunggu spreadsheetnya ya pak.
    Semoga tidak terlambat he2x..
    Tks
    Perry
    perry.rimanda@gmail.com

    ReplyDelete
  60. Salam kenal Pak Putra

    Saya coba jawab

    beda cost & Expenses
    Cost : Biaya. Pengorbanan yang dikeluarkan oleh prsh untuk menghasilkan suatu produk (Inventories) dan masa manfaatnya atas produk belum berakhir.
    contoh: Cost of Good Sold / Cost of Good Manufacturing (Pembelian raw material, tenaga kerja, biaya produksi tdk langsung)

    Biaya : Beban. Pengorbanan yang dikeluarkan utk biaya operasional prshan dan masa manfaatnya sudah berakhir.
    contoh: Selling, General & Administration expenses (Sewa kantor, utility kantor, biaya kantor, iklan) etc.

    Mesin photocopy
    kalo nilai pengantian komponen tersebut cukup material dan menambah umur ekonomis mesin, biaya tersebut dapat di kapitalisasi dan di catat sebagai aktiva. kalo tidak menambah nilai mesin di catat sebagai beban.

    kalo umur ekonomis mesin tsb sdh hampir habis dan sering mengalami kerusakan, prsh dpt mempertimbangkan untuk menjual mesin tersebut.

    Sekian jawaban saya, semoga jwbn saya tdk terlalu ngawur ^o^

    Terima kasih atas blognya yang informatif.

    Sukses selalu

    Salam
    Vera Francisca
    (vera.francisca01@hotmail.com)

    ReplyDelete
  61. Mo nyoba ikutan nambah bingung nih hehe:
    Menurut saya beda definisi cost vs expense
    Cost: Semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan apakah ada manfaat atau tidak,sehingga di dalam laporan keuangan cost ini tertuang dalam neraca (dalam berwujud asset) dan dalam laporan laba-rugi (dalam bentuk expense-bila manfaat ekonomi telah digunakan dalam generating income atau rugi-bila terbukti tidak ada manfaat). Jadi ketika kita melakukan pengeluaran (cost) misalnya membeli mobil maka akan diakui sebagai aktiva dalam neraca (sesuai definisi aktiva mempunyai potensi manfaat masa depan). Dan ketika mobil telah digunakan maka akan diakui secara bertahap biaya (expense) penyusutan di laporan laba-rugi ( untuk merepresentasikan besarnya manfaat ekonomi pada periode tersebut yang telah digunakan dalam generating income).
    Dalam hal ini saya cenderung menilai kalau cost itu hanyalah semacam alat ukur saja misal kalau membeli aktiva mobil pertanyaannya berapa cost-nya?.....50 juta rupiah. Karena dalam prakteknya cost masuk ke dalam Laporan Keuangan dalam wujud Aktiva dan Expense.
    Regards
    seagate_23@yahoo.com

    ReplyDelete
  62. Cost merupakan pembiayaan untuk kegiatan atau aktivitas operasi perusahaan yang nantinya akan menjadi penghasilan

    Expense merupakan pembiayaan yang menunjang kegiatan atau aktivitas operasi perusahaan dan tidak bisa menjadi penghasilan

    ReplyDelete
  63. Kepada Yth. Bapak Putra,

    Saya itnay yang tadi lupa menulis alamat email saya Pak, mohon bantuannya saya sangat membutuhkan s.sheet tsb. mohon untuk sekiranya Bapak berkenan mengirimkan ke alamat email saya di : surmakman@yahoo.com

    Terima kasih

    Rgds,
    itnay

    ReplyDelete
  64. Good Day Mr. Putra
    Mohon kirimkan file tsb ke harry.wicaksono@gmail.com
    Terima kasih

    Rgds,
    Harry

    ReplyDelete
  65. Cost adalah biaya yang digunakan untuk dapat menghasilkan pendapatan pada periode yang berjalan dan manfaatnya dapat dibandingkan dengan pendapatan, misalnya pembelian bangku yang digunakan untuk proses belajar mengajar While Expense adalah biaya yang digunakan untuk daily activities untuk mensupport dalam proses menghasilkan pendapatan tersebut kegiatan menghasilkan revenue, contohnya Teacher Salary

    Tolong spreadsheet nya dikirim ke coxxy.coxxy@gmail.com

    Thanks a lot Mr. Putra

    ReplyDelete
  66. Dear Mr. Putra

    Please tell me if I am wrong..

    cost adalah biaya yang dikorbankan untuk menghasilkan sebuah produk.

    expense adalah beban yang dikeluarkan yang sifatnya tidak langsung dalam produksi sebuah out put.

    However. I would be glad if you sent the spreadsheet to medanceria@yahoo.com

    ReplyDelete
  67. from Edstea

    Maaf pa Putra, saya lupa menuliskan emailnya..
    my email: edstea2006@yahoo.co.id
    program saya tunggu pa..
    terima kasih.

    ReplyDelete
  68. Malam pak Putra...


    Cost.....>>>
    .segala Pengeluaran yg dikeluarkan oleh perusahaan untuk Produksi atau kegiatan utama dari perusahaan,Cth:by bahan baku dll
    Expense
    .Segala Pengeluran yg dikeluarkan oleh Perusahaan untuk Kegiatan Operasional Sehari-hari:by tlp,listrik

    Tetapi Menurut Saya pribadi Cost maupun Expenses Sangat Tipis PerbedaanNya,,,,,Sebagai ilustrasi:sebuah perusahan dapat membebankan biaya tlp ke cost(krn memang Tlp tsbt di gunakan untuk projek....Begitu juga Sebaliknya...Biaya Listrik Di Pabrik T4 saya bekerja di Bebankan Sebagai Expense.....So What The Point...????
    SEMUA PENGELUARAN BAIK COST OR EXPENSES AKAN MENGURANGI LABA....
    JADI SAMA SAJA BUKAN TMN2....


    salam,

    FAISAL
    (icalmelandri@gmail.com)


    note:minta form Rekonsilasi dan Cash Flow ya pak PUTRA

    trims

    ReplyDelete
  69. icalmelandri@gmail.com = Submitted
    edstea2006@yahoo.co.id = Submitted
    medanceria@yahoo.com = Submitted
    coxxy.coxxy@gmail.com = Submitted
    harry.wicaksono@gmail.com = Submitted
    surmakman@yahoo.com = Submitted
    seagate_23@yahoo.com = Submitted
    vera.francisca01@hotmail.com= Submitted
    perry.rimanda@gmail.com = Submitted

    Khusus: jeane.haro@gmail.com
    Maaf email address anda tidak ditemukan, apakah anda salah ketik email address atau anda sudah ganti email address. Silahkan post email address anda yang valid. Thanks.

    Putra

    ReplyDelete
  70. Mas Putera yang baik,

    Terus terang saya bukan orang akunting ataupun yang sejenis tapi saya berkeinginan untuk mendalaminya. jujur saja saya penah gagal dalam menjalankan usaha karena lalai dalam masalah pelaporan keuangan.
    Saya akan coba menjawab yang saya tahu.
    Cost adalah Biaya yang harus dikeluarkan untuk memperoleh suatu barang misalnya Cost produksi, pembalian bahan baku, dll
    sedangkan
    Expense adalah biaya yang dikeluarkan untuk merealisasi hasil, misalnya marketing expense, dll

    Maaf mungkin terkesan meng -copy paste tapi itu yang saya tahu
    Terima kasih,

    Eko
    kurniawan.eko@gmail.com

    ReplyDelete
  71. Cost = biaya yg unavoidable
    Expense = biaya yg avoidable
    Email : tkiatliong@yahoo.com

    ReplyDelete
  72. Saya juga mau dong...

    Mesin FC rusak yg saya lakukan :

    1. menanyakan pada pihak maintenance biaya yg diperlukan untuk penggantian komponen yg rusak dan biaya service (kalo ada)
    2. menganalisa apakah biaya penggantian komponen dan biaya service tidak lebih mahal atau selisih sedikit dengan kalo kita membeli mesin FC baru.
    3. mengajukan budget untuk penggantian komponen atau pembelian baru mesin FC (yg mana yg lebih menguntungkan)

    Thanks
    qoqom75@yahoo.com

    ReplyDelete
  73. Dear Pak Putra,

    Saya mau coba untuk menjawab perbedaan antara cost dng expense.

    Cost : semua kas yang dikeluarkan atau komitment untuk membayar kas di masa depan dengan tujuan untuk menghasilkan pendapatan.
    Contohnya : pembelian bahan mentah untuk proses produksi ( perusahaan industri ).

    Expense : semua aktiva yang terpakai atau jasa yang digunakan dalam proses untuk menghasilkan pendapatan.
    Contohnya : beban asuransi, beban sewa.

    Mudah-mudahan jawaban saya memuaskan bapak & saya bs mendapatkan Spreadsheet "Cash Flow Statement".

    Thanx & Regards
    j_kiman@yahoo.com

    ReplyDelete
  74. Dear Mr. Putra

    Mengenai Foto Copy

    1. Saya akan tanyakan ke bagian maintance, berapa biaya yg dibutuhkan untuk penggantian s'partnya, setelah itu akan sy bandingan dengan nilai ekonomisnya serta apabila saya harus membeli baru

    2. setelah saya bandingan kalau harga s'partnya selisih sedikit dengan beli baru & cash flownya memungkinkan maka sy lebih mengingkinkan beli baru.

    3. Kalo spartnya lebih murah & cashflownya tidak memungkinkan, ya perbaiki saja.

    Demiakian jawaban dari sy

    Terima kasih banyak
    Salam
    priyono_29@yahoo.com

    ReplyDelete
  75. Pak Putra,

    Pertama sekali saya akan cek berapa biaya yg dibutuhkan untuk penggantian sparepartnya, setelah itu akan sy bandingan dengan nilai dari mesin fotocopy itu sekarang dan harga baru mesin fotocopy yg sebanding, saya juga akan mempertimbangkan option utk menyewa mesin FC sejenis tergantung dari berapa banyak qty to copy per month.
    Kalau workloadnya sedikit hehehe fotocopy diluar aja atau beli printer yg bisa sekaligus fotocopy murah kok. :)
    Thanks Pak Putra

    Ditunggu spreadsheetnya
    paulustedja@gmail.com

    ReplyDelete
  76. Malam Pak Putra,

    saya masih boleh ikutan gak, hehehe. . (baru di bidang ini alias pemula)

    Saya lebih mudah menjelaskan dengan contoh :

    misalnya sebuah perusahaan manufaktur spd motor membeli ban untuk digunakan dlm produksi, maka disebut cost.
    Apabila perush tsb membeli ban untuk mengganti ban spd motor inventaris yang rusak, maka disebut expense.

    dengan kata lain : cost adalah pembelian untuk menghasilkan pendapatan. sedangkan expense merupakan biaya /pengeluaran yang tidak menghasilkan pendapatan.

    Betul gak Bos, boleh dibagi spreadsheet dong. .

    Salam,

    hartanto.dwi@ricobana.co.id

    ReplyDelete
  77. humair fahri28/6/08 8:27 PM

    Perbedaan Cost (Biaya) dan Expense (Beban) adalah:
    1. Cost adalah harga atau satuan mata uang yang melekat pada suatu barang dan tidak habis dalam 1 periode akuntansi, sedangkan Expense adalah segala macam pengeluaran yang habis dalam 1 periode akuntansi.
    2. Cost dapat dikapitalisasi ini berkaitan dengan capital expenditure, sedangkan Expense tidak dapat dikapitalisasi ini berkaitan dengan revenue expenditure yaitu pengeluaran2x yang dilakukan perusahaan dalam usahanya mendapatkan penghasilan dan ketika tutup buku maka semua akun nominal akan ditutup.

    dari Humair fahri (desire to work in KAP now still jobless)
    email : humairf81@gmail.com / humairf81@yahoo.com

    ReplyDelete
  78. humairf81@gmail.com = submitted
    hartanto.dwi@ricobana.co.id= Submitted
    paulustedja@gmail.com=Submitted
    priyono_29@yahoo.com=Submitted
    j_kiman@yahoo.com=Submitted
    qoqom75@yahoo.com=Submitted
    tkiatliong@yahoo.com=Submitted

    kurniawan.eko@gmail.com=submitted (kita bisa belajar dari kegagalan pak)

    spreadsheet telah dikirimkan ke semua email di atas. Maaf membuat anda lama menunggu.

    Rgds,
    Putra

    ReplyDelete
  79. Pak Putra,
    saya sangat newbie di dalam pembukuan.
    saya ingin mengetahui secara jelas bagaimana uang masuk / penghasilan, dan bagaimana uang digunakan di dalam usaha dan saya dapat membuat planning ke depan mengenai penggunaan uang dan tentu saja sudah bisa membuat perkiraan apakah kondisi finansial perusahaan saya dapat membaik/memburuk dan tentu saja saya harus membuat langkah langkah sejak dini. apakah "cashflow" ini suatu jawabannya?
    mungkin saya perlukan ssesuatu yang lebih detail.. minimal mingguan. mohon penjelasan dari bapak untuk newbie ini. terima kasih.

    ReplyDelete
  80. Salam, Pak Putra.-

    Saya tertarik dg pertanyaan anda :
    Kalo menurut saya,

    Cost : Biaya kegiatan operasinal perusahaan dalam bentuk nilai biaya per subUnit (satuan / Item)

    contoh :biaya pembelian kertas,spidol,Materai,tinta printer,bak stampel dll.

    Expense : Biaya kegiatan operasinal perusahaan dalam bentuk nilai biaya perUnit / pos anggaran dan merupakan akumulasi dari tiap cost yang ada dalam satu pos anggaran

    contoh :biaya pengadaan ATK, Pemeliharaan, Inventaris kantor, pengembangan, Promosi dll.

    Mungkin sekian opini dari saya, dan saya berharap Pak.Putra dapat mengirimkan saya Spread Sheetnya
    karena akan sangan membantu saya dalam bekerja.

    Terimakasih
    Salam


    Farhan
    t3t3nk@hotmail.com
    t4t4nk@yahoo.com

    ReplyDelete
  81. Mohon maaf, cashflow spreadsheet ini hanyalah "spreadsheet template" biasa (bukan program/aplikasi) yang masih membutuhkan data mentah (jurnal umum). Dari jurnal umum di ringkas menjadi buku besar. Setelah berupa saldo-saldo barulah bisa di masukkan ke "cashflow spreadsheet" tersebut, sehingga bisa menghasilkan LAPORAN ARUS KAS yang bisa dijadikan dasar untuk menilai:

    [A]. Kas keluar (Atas semua kas keluar, untuk keperluan apa saja?):

    * Berapa jumlah kas yang dikeluarkan untuk kepentingan operasional (operating)?
    * Berapa jumlah kas yang dikeluarkan untuk kepentingan investasi (investing)?
    * Berapa jumlah kas yang dikeluarkan untuk kepentingan pendanaan (financing)?

    [B]. Kas Masuk (atas semua kas masuk, dari aktivitas apa saja kas masuk berasal?):

    * Berapa jumlah kas yang masuk dari kegiatan operasional (operating)?
    * Berapa jumlah kas yang masuk dari kegiatan investasi (investing)
    * Berapa jumlah kas yang masuk dari kegiatan pendanaan (financing)

    Sekaligus sebagai bahan penguji: apakah saldo kas saat ini telah sesuai dengan catatan transaksi detailnya?.

    Lebih jauh lagi (untuk mengubah angka-angka menjadi manfaat yang nyata pada kegiatan usaha anda), sekedar tahu berapa kas masuk-kas keluar serta untuk apa saja belum lah cukup, masih harus dipikirkan: dengan kondisi kas pada saat ini (yang tercermin di dalam laporan arus kas), aktivitas apa yang masih perlu ditingkatkan? investasi?, operasional?, atau pendanaan?. Dan, aktifitas apa yang perlu dikurangi?.

    Seperti layaknya tool (alat), dia memang tidak akan berfungsi apa2 jika tidak tahu bagaimana cara menggunakannya, apalagi jika tidak digunakan samasekali :)

    Demikian penjelasan saya. Mudah-mudahan bisa dipahami.

    Salam,
    Putra

    ReplyDelete
  82. Mudah-mudahan tidak sama :
    Cost = biaya yang biasa kita sebut ongkos. Jadi kalau di dalam suatu bisnis ini adalah sebuah biaya yang dikeluarkan agar suatu perusahaan atau bisnis bisa berjalan. Tidak mungkin tanpa "cost" sebuah perusahaan akan berjalan (perampok atau maling aja pakai ongkos). Begitu juga cost di dalam kehidupan individu atau pribadi. Gak ada deh sekarang ini gak pakai ongkos. hehe..
    contoh : gaji karyawan, listrik, sewa kantor, dll

    Expense = pengeluran. di dalam suatu perushaan bisa aja ini dikeluarkan, bisa saja tidak. beda dengan cost yang pasti akan keluar. Expense akan dikeluarkan tergantung dari keputusan bisnis yang dibuat, apakah untuk investasi, pembelian stock lancar atau bahkan bisa juga untuk pembelian mobil pribadi.
    contoh : pembelian stock bahan baku, mesin produksi, mobil kantor, dll

    Kedua nya bisa di tekan, diatur dan disesuaikan.

    ReplyDelete
  83. maaf, saya lupa mencantumkan e-mail saya agar dikirimkan cashflow sheet :

    get.arkan@gmail.com

    terima kasih, semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  84. wah...wah...wah... Pak Putra ini bisa-bisa aja mbuat sayembaranya.
    kalau saya sih mudah aja, kalau memang penggunaan mesin fotokopi itu maksimal dan di depan kantor tidak ada tempat FC ya beli lagi saja. soalnya biasanya FC yang sudah diservis kebanyakan akan bermasalah lagi, jadi daripada mengambil risk yang begitu lebih baik langsung ganti.

    ReplyDelete
  85. Saya minta tolong untuk di email file yang Bapak buat ke vis_ta_comp@yahoo.com

    ReplyDelete
  86. maaf saya new comer disini, baru tau kalo ada blogger akutansi selengkap ini meskipun quiznya udah lama nggak berarti nggak bisa minta spreadsheet cashflownya kan pak? oke.
    Bagaimana cara mengatasi mesin fotokopi itu:
    1. Jika spaerepartnya lebih murah dibandingkan dengan harga mesin fotokopi second dan yang baru saya pilih mengganti sparepart yang rusak. Karena biaya pengantian sparepart juga bisa dikapitalisasi. Atau bisa juga memiliha alternatif leasing. Saya juga pernah dengar alternatif leasing semi operational dan capital sehingga bisa di hidden of balance sheet. Cuma penjelasan mengenai ini saya belum paham. Maaf pak saya maih baru

    ReplyDelete
  87. Ikutan ya,
    untuk pertanyaan mesin fotokopi yang seharusnya dilakukan adalah menghitung present value dari beberapa alternatif:
    1. Pengeluaran untuk mengganti sparepart.
    2. Leasing
    3. Beli second
    Present value dengan pengeluaran terendah itu tindakan yang diambil.
    Tq.

    Untuk spreadsheet mohon dikirim ke ganesvara2002@yahoo.com

    ReplyDelete
  88. Cost: pembiayaan untuk operational perusahaan untuk mendapatkan income

    Expense : penekanan pembiayaan untuk penunjang operational perusahaan dalam mendapatkan income

    email : fardianto.nugroho@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  89. Cost adalah pengeluran yang keluarkan oleh perusahaan yang sifatnya bukan operational lebih dari 1 th contoh u pembelian aktiva,baik yang bersifat tetap maupun tdk tetap disamping itu juga digunakan u investasi sedangkan expense pengeluran yang dikelurkan perusahaan krg dr satu tahun u opearational contoh Beaban Gaji & upah
    alamat Email ohmyiwan@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  90. Dear Pak Putra...

    Aku mau dunk ikutan Quiz ini dan ditunggu yah spreadsheet "cash flow statement" nya ^_^

    Hem, kalo mesin photocopy dikantor rusak dan memerlukan penggantian atas banyak component yang rusak saya akan melakukan tindakan :

    1. Kalo saya sebagai staf perusahaan, saya tidak akan memikirkan untung ruginya atas mesin tersebut. Yang ada di pikiran saya ialah bagaimana mesin tersebut dapat dengan segera dipergunakan walupun biaya yang dikeluarkan cukup mahal (maklum, milik kantor hehehe).

    2. Kalo saya sebagai pemilik perusahaan, saya akan mencari dokumen pembelian kapan diperolehnya mesin tersebut, apakah masih dalam periode garansi atau tidak. Jika semua komponen dipastikan rusak dan diganti harus diperhatikan total biaya keseluruhan serta berapa tahun lagi mesin tersebut dapat di pergunakan lalu dibandingkan dengan harga mesin baru ( apalagi kalo dibeli dengan harga promosi).
    Untuk mesin lama bisa lihat berapa nilai BV nya sehingga kalo dijual dapat di liat untung/rugi atas penjualan tersebut. Atau bisa juga dengan pertukaran mesin dimana dalam hal ini aktiva sejenis dan laba tidak diperhitungkan sehingga kita hanya membayar sisa cash untuk mesin baru tersebut.

    Itu saja seh menurut pendapat saya...



    Thanks & Regards,

    murni
    murniwati.mn@hotmail.com

    ReplyDelete
  91. Beban (expenses) adalah penurunan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar atau berkurangnya aktiva atau terjadinya kewajiban yang mengakibatkan penurunan ekuitas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanam modal misalnya beban gaji,beban iklan, dsb sedangkan biaya (cost) adalah jumlah uang yang dinyatakan dan sumber-sumber (ekonomi) yang dikorbankan terjadi dan akan terjadi untuk rnendapatkan sesuatu atau mencapai tujuan tertentu.misalnya pemebelian aktiva perusahaan.
    alamat email saya Plastiquefever@yahoo.co.id
    Thx
    Moritz

    ReplyDelete
  92. murasaki hime4/8/08 10:28 PM

    Cost / biaya: pengeluaran atau pembiayaan yang digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan yang tidak rutin namun hasil yang diharapkan adalah bertambahnya pendapatan.
    cth : biaya produksi, biaya penjualan

    Expense / beban : hampir sama dengan cost, namun pengeluarannya rutin & hampir sama besarannya yang menunjang operasional perusahaan dan tidak bisa bisa diharapkan menjadi pendapatan.
    cth : by. gaji, listrik, dll

    ReplyDelete
  93. ngikutan ...

    kalo mesin fotocopy rusak dan perlu dilakukan pergantian komponent.. yang perlu dilakukan yaitu :
    - konsultasi pada 2 atau lebih repairer dan menanyakan biayanya. agar kita mempunyai alternatif baik dalam cost nya (bukan expenses, hehehe) maupun kualitasnya.
    - survey harga mesin baru, dan dilihat mana yang lebih menguntungkan perusahaan.

    setelah itu dilakukan perbandingan antara repair mesin fotokopi lama atau membeli yang baru. mana yang memberikan benefit yang lebih kepada perusahaan. walaupun repairing lebih murah, tetapi kalau harganya tidak terlampau jauh dengan mesin baru, dan dengan mesin yang baru kita mendapatkan kualitas yang lebih baik, mengapa tidak, apalagi kalau bisa tukar tambah, dan mungkin perusahaan dapat mencatat laba penjualan aktiva tetap. :)


    ditunggu spreadsheetnya

    regards ...

    Fajias Agung
    fajiasagung@gmail.com

    ReplyDelete
  94. Mr. Putra, mau dong....thanks before n after...
    la.september@gmail.com

    Cost = biaya, duit yang dikeluarkan buat bayar aktifitas operasi atau duait yang SUDAH dikeluarkan dari kas/bank, contoh : biaya gaji

    Expense = beban, bedanya dengan 'cost' kalo beban tuh duitnya ( riil ) ga keluar, hanya buat mencatat kalo ada 'hal' buat pengurang pendapatan, contoh : beban penyusutan

    ReplyDelete
  95. Cost adalah biaya yang dikeluarkan untuk modal.
    seperti mislkan kita membuat satu menu dengan harga pokok penjualan dengan harapan mendapatkan laba.
    sedangkan expenses adalah biaya tetap yang harus dikeluarkan karena adanya operasional
    saya tunggu kiriman spreadsheetnya karena saya sangat membutuhkan untuk lebih banyak mengetahui tentang akunting.
    terima kasih
    nana_indonesia@hotmail.com

    ReplyDelete
  96. Salam kenal untuk pak Putra,
    untuk masalah mesin fotocopy, menurut saya :
    1. mencari tahu berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki mesin fotocopy tsb (komponennya)
    2. membandingkan masa manfaatnya dengan biaya perbaikan
    3. mencari informasi daya tahan mesin fotocopy tsb dari orang yang memberikan jasa service mesin tsb apabila diperbaiki, bila ternyata masih layak pakai dan dapat tahan lama >1 thn serta harga spare part komponennya tdk terlalu mahal lebih baik diperbaiki saja, terutama bila mengingat cash flow perusahaan lebih baik digunakan untuk kegiatan produktif yang lainnya.

    terima kasih pak, mudah2an jawaban ini dapat dikoreksi kembali,
    alamat email saya :
    williams_setiadi1@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  97. Yang saya tahu, "cost" itu merupakan pengeluaran atau biaya untuk operasional rutin perusahaan. Contohnya: gaji, utilitas, biaya overhead, administrasi, dll
    Sedangkan "expense" itu adalah pengeluaran yang digunakan diluar operasional rutin perusahaan. Misalnya: biaya marketing, biaya implementasi project, entertain, dll.

    iwan_palapa@yahoo.com

    ReplyDelete
  98. menurut saya, ( ini menurut saya yach..) cost itu adalah nilai atau satuan yang melekat pada satu objek supaya bisa di ukur, contohnya, mesin Rp.150 jt, atau pendapatan Rp. 100 jt, nilai 150, 100 etc itulah yang akan di pakai untuk mengukur nilai benda dalam proses pencatatan akuntasi
    Sedangkan Expense, saya lebih senang atau mengerti bila mengartikannya sebagai biaya, “ biaya yang harus saya keluarkan untuk mendapatkan hasil..

    ReplyDelete
  99. menurut saya, ( ini menurut saya yach..) cost itu adalah nilai atau satuan yang melekat pada satu objek supaya bisa di ukur, contohnya, mesin Rp.150 jt, atau pendapatan Rp. 100 jt, nilai 150, 100 etc itulah yang akan di pakai untuk mengukur nilai benda dalam proses pencatatan akuntasi
    Sedangkan Expense, saya lebih senang atau mengerti bila mengartikannya sebagai biaya, “ biaya yang harus saya keluarkan untuk mendapatkan hasil..

    ReplyDelete
  100. cost adalah pengeluaran yang berkaitan dengan project atau usaha yang dijalankan, bisa berupa pengeluaran rutin ataupun non rutin.
    Sedangkan expense merupakan pengeluaran di luar hal tersebut, yang tidak berkaitan langsung dengan project atau usaha.

    mudah2an pengertian saya benar, terima kasih.

    wahjuak@gmail.com

    ReplyDelete
  101. Cost adalah semua pengeluaran yang melekat dalam proses pembuatan produk (bahan baku menjadi finished goods)

    Expense adalah semua pengeluaran yang melekat dalam proses pendistribusian produk dari produsen ke konsumen.


    hotbertua@yahoo.com

    ReplyDelete
  102. Pak Putra,


    Cost is a monetary measure of the amount of resources expended for a particular purpose.

    Expenses is a decrease in owners' equity that arises from the daily operations of a business or from the delivery of goods or services to customers.

    Please send the spreadsheet to my below email: amala.luluk@ge.com

    Thank you.

    ReplyDelete
  103. pak putra
    pengertian cost adalah semua objek yang dapat diukur merupakan objek kost, dan hasil pengukuran tersebutlah yang disebut kost

    sedang expenses adalah Biaya dalam upaya yang dilakukan untuk mendapatkan pendapatan/pengahasilan

    email saya botsse@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  104. Pak Putra
    Cost merupakan bahan olah dasar akutansi (pengukuran yg dilekatkan pada suatu objek kos) dan hasil pengukuran tersebutlah yang disebut cost
    Expense = Biaya segala upaya yang dilakukan untuk mendapatkan pendapatan (Hasil).


    email saya botsse@gmail.com

    ReplyDelete
  105. hmmm...

    mesin fotocopy rusak ya...

    menurut saya, lebih ke kepentingan perusahaan. jika keberadaan mesin fotocopy sangat krusial dan pembelian mesin fotocopy tidak terlalu berpengaruh pada keuangan perusahaan sedangkan kerusakannya dapat memakan waktu untuk memperbaikinya, maka lebih baik perusahaan membeli mesin fotocopy yang baru. sementara mesin yang rusak diperbaiki, jika memang sudah tidak dipergunakan lagi, dapat dijual dan dapat diperhitungkan sebagai penghentian/penggantian aktiva tetap.

    fajiasagung@gmail.com

    ReplyDelete
  106. Cost adalah biaya yang berhubungan langsung dengan proses perolehan penjualan dan produksi, seperti biaya gaji langsung , biaya cogs..

    Expenses adalah Pengeluaran yang tidak berhubungan langsung dengan perolehan pendapatan dan produksi.. Admn & General exp.

    hindarto.gunawan@gmail.com

    ReplyDelete
  107. Cost adalah harga yang menempel pada objek atau asset perusahaan contohnya harga mesin atau barang2 yang diperlukan untuk operational, kalo Expense itu adalah biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan/meningkatkan pendapatan perusahaan contohnya upah karyawan.

    thanks lot
    fitri_andriani24@yahoo,com
    Please send me the tempalate soon yah..coz i really need that.

    Best Regards,
    FA

    ReplyDelete
  108. Siang pak putra,

    eka agak ketinggalan nie ama infonya tentang spreadsheet cash flow, eka jawab jgn lupa dikirimin ya.

    Perbedaan Expense dengan Cost:
    Expense (Beban): Biaya yg dikeluarkan untuk menghasilkan pendapatan. Sedangkan

    Cost (Biaya): Biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh barang dan jasa, dmn brg atau jasa tsb mempunyai manfaat yg potensial bagi prsh. apabila manfaat tsb berkurang atau hilang, maka biaya tsb akan menjadi beban.

    thanks,
    ek_chic@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  109. Pak Putra, saya coba jawab ya pertanyaan tentang perbedaan cost & expense.

    Cost adalah seluruh biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membeli barang/aset yang akan digunakan dalam kegiatan usahanya.

    Expense adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk penggunaan barang/aset yang telah dibeli untuk kegiatan usahanya.

    Contohnya, perusahaan membeli satu truk senilai Rp.200 juta. Nilai Rp. 200 juta ini yang disebut sebagai cost.

    Kemudian truk itu digunakan oleh perusahaan untuk pengantaran produk, muncul biaya-biaya seperti gaji supir, bahan bakar, uang tol, dan lain-lain, termasuk depresiasi nilai truk itu sendiri. Biaya-biaya inilah yang disebut sebagai expense.

    Itu yang saya tahu tentang perbedaan cost dan expense. Tolong dikoreksi ya Pak Putra kalau salah.. :)

    Oya, ini alamat email saya:
    danny.aditya@gmail.com.

    Tolong dikirimkan template cashflow statementnya ya Pak Putra, saya sangat membutuhkannya. Terima kasih Pak Putra.

    Regards,

    Danny Aditya

    ReplyDelete
  110. Siang Pak Putra
    Pak tergantung besar biaya penggantian komponennya juga, kalau biayanya kecil dan bisa kembali digunakan mesinnya ya ganti saja komponennya, tapi kalo biaya komponennya mahal, dan masa manfaatnya tidak begitu lama ya ganti saja mesinnya.

    Anyway Pak saya butuh spreadsheet cash flownya, tolong dikirim yach

    thanx
    rizalrahyang@yahoo.com

    ReplyDelete
  111. Yang akan saya lakukan adalah:
    meminta bagian maintenance /purchasing dept untuk mengetahui seberapa besar biaya yang diperlukan untuk perbaikan itu, sehingga bisa dilihat/diperhitungkan apakah lebih baik membeli baru ato hanya melakukan perbaikan saja dan harus make sure juga apakah jika kita melakukan penggantian/hanya servis saja bbisa menjamin bahwa mesin FC itu tdk akan rusak lagi dlm waktu cukup lama, krn jika terus2an akan kabur lagi, sebaiknya memang ganti baru mungkin memang umur ekonomis FCnya udah uzur :0)

    Thnx Pak!
    daniel.manurung@gmail.com

    ReplyDelete
  112. Perbedaan antara Costs & Expenses sangat tipis, yang saya tau keduanya sama2 biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mengharapkan sesuatu.

    Costs adalah pengeluaran yang ditujukan untuk memperoleh sesuatu yang nantinya diharapkan bisa menghasilkan cash lagi. Biaya ini akan muncul di Neraca.
    Contohnya: Pembelian Aktiva, pembelian material.

    Expenses adalah pengeluaran yang ditujukan untuk memperoleh manfaat dari sesuatu hal/benda yang tidak menghasilkan cash lagi. Biaya yang masuk dalam kelompok ini akan muncul di Rugi/Laba.
    Contohnya: Biaya Listrik, biaya telepon, Sumbangan, dll.

    Semoga saja jawaban saya tidak salah.
    Saya tunggu spreadsheet-nya


    ce_ponti03@yahoo.com

    ReplyDelete
  113. pak putra klo bole ikut menjawab. sederhana aj,kl cost/Biaya adalah sejumlah dana yang dikeluarkan untuk mendapatkan asset (mempunyai nilai masa manfaat dmasa depan) sedangkan expense adalah berkurangnya masa manfaat masa depan dari suatu asset. thanks..

    ReplyDelete
  114. Penggunaan istilah biaya seringkali dicampuradukkan dengan istilah beban (expenses). Sesungguhnya terdapat perbedaan diantara keduanya. Biaya (cost) merupakan biaya yang belum dialokasikan, yang akan memberikan manfaat di masa yang akan datang, oleh karena itu biaya (cost) dikapitalisasi sebagai aktiva dan dimasukkan sebagai komponen Neraca. Sedangkan beban (expenses) adalah biaya dari aktiva yang telah dikorbankan dalam usaha memperoleh pendapatan dalam suatu periode akuntansi dan tidak memberikan manfaat dalam periode yang akan datang. Beban (expenses) dimasukkan dalam laporan laba rugi sebagai pengurang dari pendapatan. Biaya merupakan unexpired cost dan beban merupakan expired cost

    Please send to Arta_key@yahoo.com , Thanks

    ReplyDelete
  115. wah ternyata sulit juga membedakan cost dan expense ya..

    cost adalah pengeluaran dalam usaha perusahaan memperoleh keuntungan.
    misalnya; inventory, aset

    expense adalah pengeluaran yang harus dikeluarkan perusahaan dan habis manfaatnya.
    misalnya; personal expenses, depreciation,dll

    effy_fd(@)yahoo.com

    ReplyDelete
  116. Berikut saya coba gambarkan perbedaan cost dengan expenses dari sudut pandang saya terhadap suatu fixed asset, untuk itu saya harap masukannya.

    cost:
    segala bentuk pengeluaran yang dikapitalisasi, menambah nilai, umur atau manfaat dari suatu asset, jarang terjadi, dan biasa nya nilainya cukup besar, contoh : perbaikan kendaraan yang turun mesin.
    Expenses :
    Segala bentuk pengeluaran yang tidak dikapitalisasi, sering atau rutin terjadi, dan biasa nya nilainya tidak besar, contoh : service rutin, seperti : ganti oli kendaraan.

    ReplyDelete
  117. siang pak putra, saya mau ikutan jawab pertanyaan yg kedua:
    Kalo mesin FC Rusak krn sebagian besar alatnya harus diganti:
    1.Cek nilai buku
    2.Cek ke supplier tentang harga sparepart yang dimaksud,sekalian nanya apakah kita dpt peminjaman mesin FC dr supplier selama mesin FC kita dibetulin,
    3.Ajukan ke Bos secara langsung coz rapat budgeting uda lewat dan perbaikan FC gak masuk di anggaran.
    Thanks

    Heni
    heniwidiastuti@yahoo.com

    ReplyDelete
  118. Menurut saya kalau cost itu adalah semua biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan yang tujuannya untuk menghasilkan sesuatu ( keuntungan ) Misalnya : pembelian bahan baku
    sedangkan expenses itu adalah biaya yang rutin dikeluarkan oleh perusahaan untuk menunjang operasional perusahaan itu sendiri. Misal : biaya gaji,telepon,etc.

    Mohon maaf jika jawabannya masih banyak yang kurang.

    email : annisglossy@gmail.com

    ReplyDelete
  119. Mohon koreksi bila saya salah...

    cost/biaya adalah segala bentuk pengeluaran yang keluar untuk menjalankan operasi suatu kegiatan usaha, biasanya bersifat tidak tetap&terjadi pada saat itu juga. Contoh: biaya ongkos angkot/taxi pada saat kita pergi menggunakan angkot/taxi

    beban/ expense adalah pengeluaran bersifat tetap,biasanya dah terjadi. Contoh gaji karyawan tiap bulan, sewa.
    Biasanya semua cost adalah expense, tetapi expense tidak dapat menjadi cost.

    Pa,spread sheet cash flownya tolong dikirim ke alamat email saya: sofie_pinkgirl@yahoo.co.id

    Terima kasih atas perhatian Bapa, saya sangat perlu spread sheet tersebut.

    ReplyDelete
  120. Menurut saya (dan sepengetahuan yang pernah saya baca di buku mana saya lupa), bedanya cost dengan expense :

    - Cost : merupakan pengorbanan yang dikeluarkan untuk memperoleh suatu manfaat.

    - Expense : merupakan cost yang sudah terjadi/pengeluaran untuk memperoleh pendapatan (matching concept).

    Dengan kata lain, Cost cakupannya lebih luas dari pada Expense. (Cost>Expense)

    Contohnya :
    Aktiva tetap akan dinilai sebesar historical cost/Biaya Perolehan. Jadi semua yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan suatu aktiva tetap tersebut hingga siap digunakan akan diakui sebagai biaya perolehan Aktiva tetap tersebut.

    Seiring dengan digunakannya Aktiva tersebut, aktiva tersebut akan disusutkan, dan menjadi Beban Depresiasi. Beban diakui sesuai dengan mulai digunakannya Aktiva tersebut untuk memperoleh pendapatan.

    Contoh lain yang lebih sederhana adalah Prepaid Expense, di mana setelah periode dilewati, Cost tersebut (Prepaid yang dicatat di Asset) akan diamortisasi menjadi expense.

    Dari contoh tersebut, jelas bahwa cakupan Cost>expense

    cost = expense yang terjadi + expense yang belum/akan terjadi

    note = Expense yang belum/akan terjadi tidak dapat disebut sebagai 'expense'.

    Selain dari contoh tersebut, dapat dilihat dalam rumus Total Manufacturing Cost (TMC). Kita tahu rumus TMC = DM + DL + FOH
    FOH biasanya berupa beban2 pabrik selain DM dan DL. Dengan demikian TMC > FOH
    Cost > expense

    sekian dan terima kasih.


    O ya, untuk spreadsheetnya, tolong dikirim donk Pa, (walaupun mungkin jawaban saya salah, seengaknya kan dah nyumbang pemikiran,he5x...)

    Ini e mail saya, mohon dikirim, terima kasih banyak.

    Best Regards

    Ronny
    E mail :ronny_the_haisia@yahoo.com

    ReplyDelete
  121. edyjakson@yahoo.com21/9/08 11:57 PM

    Gampangnya sih kalo menurut saya :

    Cost itu hanya nampak di laporan laba rugi di bagian harga pokok penjualan atau harga pokok produksi, sehingga kalo judul harga pokok penjualan kan cost of good sold, trus

    kalo expense hanya nampak di laporan laba rugi di bagian beban penjualan dan beban umum dan adm, serta beban lainnya..

    selain itu cost diterjemahkan sebagai biaya, sedangkan expense diterjemahkan sebagai biaya..

    gitu aja deh dari saya..

    Mohon toolsnya dapat dikirimkan ke alamat edyjakson@yahoo.com ya Pak, soalnya udah butuh banget, thanks ya

    ReplyDelete
  122. mengenai pertanyaan cost vs expenses

    berikut jawaban sederhana dari saya:
    - Cost/biaya= sesuatu pengeluaran yg digunakan utk barang modal, seperti: pembelian aktiva tetap perusahaan, bahan baku.
    - Expenses/beban = sesuatu pengeluaran utk manfaat jangka pendek sifatnya, seperti: biaya transportasi, biaya entertain.

    demikian jawaban singkat dari saya & jikapun salah atau kurang tepat mohon koreksinya.

    Dan sesuai janji mohon dengan sangat mengirimkan ke andi@meiji.co.id dan cc-kan andhie_2005@yahoo.com.

    atas bantuan dan kirimannya, sy ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
  123. Cost menurut saya adalah pengeluaran kita yg akan kembali lagi ke kita menjadi cash. Misalnya kita membeli kayu, paku, cat untuk buat meja yg dijual ke customer.
    Sedangkan expense adalah pengeluaran kita yang,well,tidak akan kembali lg ke kita menjadi uang. Lebih bersifat pengeluaran operasional kita yg rutin. Contohnya kita membayar gaji Office Boy atau karyawan lainnya, uang bensin, beli refill Aqua gallon,dsb dsb.

    Name: Henny William
    Email: henny.william@yahoo.com

    Can't wait for the tool to be sent :)

    ReplyDelete
  124. blh ikutan quiznya pak mesti telat.
    saya ingin menjawab dari sudut pandang operasional.
    cost merupakan biaya yg berhubungan secara langsung dengan kegiatan operasional, bertambahnya volume kegiatan akan mengakibatkan ikut bertambahnya cost. misalnya biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja.
    sedangkan expense tidak berhubungan secara langsung dgn kegiatan operasional. pertambahan volume kegiatan tidak mempengaruhi besarnya expense. misalnya biaya penyusutan aset tetap dan biaya pemeliharaan peralatan dan mesin.
    mohon dikoreksi jika salah.

    untuk mesin fotokopi
    periksa nilai buku, apakah sudah sebesar nilai residu atau belum. jika ya usulkan untuk dilakukan penghapusan dan dijual jika masih laku dan usulkan pengadaan mesin fotokopi baru. jika belum, usulkan untuk dilakukan penggantian komponen yg telah rusak apabila dinilai masih ekonomis.

    yamin
    yadhistlkka@gmail.com

    ReplyDelete
  125. cost adalah suatu nilai uang yang telah digunakan untuk memproduksi sesuatu dan tidak dapat digunakan kembali

    expense adalah suatu biaya yang dibayarkan atau dikeluarkan, biasanya untuk pertukaran dengan sesuatu yang bernilai

    arif
    vespike@yahoo.com

    ReplyDelete
  126. Siang Pak Putra..

    mmmhh kya nya saya ketinggalan quiznya nih..

    untuk pertanyaan cost sama expense..perbedaannya yaitu:
    - cost adalah setiap pengeluaran (pengorbanan) ekonomis yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk memperoleh barang dan jasa, yang mempunyai manfaat ekonomi lebih dari satu tahun (satu periode akuntansi), sedangkan
    - expense adalah pengeluaran yang berhubungan dengan pendapatan (hasil) usaha perusahaan yang memberi manfaat pada periode terjadinya pengeluaran tersebut

    Btw bole minta spreadsheet cashflow, rekonsiliasi bank..ke yayumaya@gmail.com

    Thanks y Pak..

    ReplyDelete
  127. anto.wanamukti@yahoo.com20/10/08 7:36 PM

    pgn bgt dpt spreadsheet cash flow-nya pak putra.
    beda cost & expense.
    cost : biaya yg berhubungan langsung/melekat di produk. misalnya : biaya bahan baku, labor, & FOH pada perusahaan manufaktur.
    sedangkan expense : biaya yg tdk berhubungan langsung/melekat di produk. misalnya : biaya gaji staff, telp & Listrik kantor, offc supplies, maintenance for offc equipm, postage, dst, dst..
    saya tunggu spreadsheet cash flow-nya, pak, hehe... maturtengkyu.
    (anto.wanamukti@yahoo.com)

    ReplyDelete
  128. Selamat pagi Pak Putra....

    Untuk kasus mesin Fotocopy rusak ;

    1. meminta bagian maintenance untuk membuat estimasi berapa biaya yg harus dikeluarkan untuk membeli komponen yang rusak.

    2. kemudian membandingkan antara biaya pembelian komponen dengan harga baru mesin FC dengan melihat umur ekonomis FC

    3. Apabila biaya pengantian ternyata tidak mampu menambah umur ekonominya serta komponen yang rusak adalah komponen utama maka mengajukan permintaan pembelian untuk mesin FC baru....

    begitu tindakan saya pak....

    terima kasih
    agus_wsn@yahoo.com
    aswin1280@gmail.com

    ReplyDelete
  129. Cost adalah biaya yang dikeluarkan dengan harapan untuk mendapatkan timbal balik dari biaya yang dikeluarkan tersebut, cost disini dalm jumlah yang besar.
    contohnya pembelian pakayan oleh seorang agen yang nantinya akan dijual lagi ke para grosir atau pengecer

    Expense adalah biaya yang dikeluarkan untuk pembelian barang0barang habis pakai.
    contohnya seorang membeli pakayan untuk dipakainya sendiri.

    jadi perbedaan antara Cost dan Expese adalah dari segi tujuan seorang dalam mengeluarkan biaya tersebut.

    email: fen_wong82@yahoo.com
    semoga saja jawaban saya ini memuaskan, tolong dong saya butuh bangat spread sheet cash flow sstatament nya.. saya baru bekerja di bagian keuangan jadi belum terlalu mengerti tentang penyusunan cash flow.. tq...

    ReplyDelete
  130. saya coba jawab yg fotocopy :)

    kalo saya pribadi lebih suka untuk sewa mesin fotocopy daripada harus beli, segala kerusakan dan lain-lain ditanggung oleh perusahaan penyewa.

    jadi mesin fotocopy yang rusak td cek dulu brp biaya perbaikannya, jika biayanya lebih dari setengah nilai buku, lebih baik dilelang. lalu sewa mesin fotocopy saja.

    salam
    dedet

    ReplyDelete
  131. Cost adalah pengorbanan atau pengeluaran uang/kas yang dilakukan untuk mendapatkan barang atau jasa yang diharapkan dapat member penghasilan/manfaat keuangan yang bisa diterima di masa datang. Selain dengan pengorbanan kas ada juga pengorbanan lain yang tidak bersifat kas tapi setara kas, jika terjadi pertukaran barang dengan bahan baku, misalnya, maka pengorbanan ini tidak bersifat kas/non cash. So, dapat juga digunakan analogi bahwa cost itu merupakan sarana dalam produksi untuk menghasilkan pendapatan. Misalnya: Cost of goods sold.

    Sedangkan expense merupakan bagian dari cost yang terkikis seiring dengan proses produksi menghasilkan tadi itu, makanya biasanya dibandingkan dalam laporan laba rugi sebagai Income & expenses. Misalnya: Biaya pemasaran atau biaya administrasi umum.

    Cukupkah untuk mendapatkan spreadsheet cash flow statementnya Pak?

    Salam,
    siembunne
    siembunne@yahoo.com

    ReplyDelete
  132. pertama-tama kita asumsikan dulu bahwa mesin fotokopi kita ini masih mempunyai sisa masa manfaat dan oleh karena itu juga masih mempunyai nilai sisa.
    menurut saya sih, mending mesinnya itu diperbaiki aja. cuman karena terlalu banyak komponen yang rusak, perbaikannya kita anggap sebagai sebuah perbaikan besar-besaran. yang mana biaya dari perbaikan besar ini nantinya akan kita tambahkan pada nilai sisa mesin fotokopi kita. sehingga mesin fotokopi kita nantinya akan memiliki nilai sisa yang baru dan sisa masa manfaat yang baru juga.

    ali
    email:akarmembiru@gmail.com

    ReplyDelete
  133. ikut nimbrung ya pak
    FC

    - mengecek apakah biaya yng diperlukan untuk perbaikan lebih kecil drpd membeli mesin FC baru.
    - melihat seberapa sering frekwensi kerusdakan dr mesin FC tsb
    -cek umur ekonomisnya, jika memang sdh habs n sering rusak ya memang harus dipensiunkan
    -jika ada anggaran u/ beli baru lebih baik beli baru
    -tapi kl biaya perbaikannya kecil ya perbaiki aja

    tq.

    mi2n_2486@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  134. To : Pa Putra

    saya mu coba jawab nih pa...
    kalo cost : biaya yang di keluarkan untuk kegiatan operasional, sedang expense : yang sudah menjadi biaya.
    contoh : biaya gaji

    Untuk Fotocopy; kalau sudah di service biasanya banyak resikonya lebih baik minta ganti yang baru..

    ati_19792000@yahoo.com

    ReplyDelete
  135. Cost adalah biaya yang melekat pada sesuatu yang kita belanjakan. Contohnya ketika kita membeli mobil dan kita tambahkan accessories maka harga pembelian mobil tersebut sudah termasuk biaya accessories. sedangkan biaya lainnya seperti membeli bensin, biaya parkir, alat pembersih mobil adalah merupakan expenses.
    Tolong dikoreksi kalau salah mengingat saya tidak berlatar belakang accounting tetapi sedang mempelajarinya untuk saya aplikasikan ke usaha pribadi yang sedang saya jalankan.
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih untuk program arus kas yang boleh saya dapatkan.

    ReplyDelete
  136. Kalau menurut saya sih beda cost dengan expenses adalah :
    Cost itu akan diklasifikasikan ke dalam Balance Sheet, makanya untuk aset tetap penyajiannya ada Cost (harga perolehan) dan Accumulated Depreciation (akumulasi depresiasi).Sedangkan Expense itu diklasifikasikan ke dalam Profit & Loss

    sari
    hsky90@yahoo.com

    ReplyDelete
  137. ��Biaya(cost)didefinisikansbgnilaitukar, pengeluaran, pengorbananuntukmemperolehmanfaat.
    ��Beban(expense) adalahalirankeluarterukurdaribarangataujasayang kemudianditandingkandenganpendapatanuntukmenentukanlabaatausemuabiayayang sudahhabismasaberlakunyayang dapatdikurangkandaripendapatan.
    ��Contoh: pembelianbahanbaku
    Biaya��saatpembelianbahanbakutdkadapengakuanbebandanaktivabersihtetap, hanyasumberdayaperushberubahdarikasmenjadipersediaanbahanbaku.
    Beban��saatbahanbakudiolahmenjadibarangjadi, makabiayabahanbakumulaidibukukanmenjadibebanpadalaporanlabarugi.
    Jadisetiapbebanadalahbiaya, akantetapitidaksetiapbiayaadalah beban (misal: aktivaadalahbiayaakantetapibelummenjadibeban)

    Hendra Tanata Sinulingga
    tnt_karo@yahoo.com

    ReplyDelete
  138. smoga quiz berhadiah spreadsheetnya msh berlaku.
    Kalau saya, akan melihat history mesin fotokopi itu dulu.
    Dari harga perolehan, umur, total maintenance, benefit selama ini, dll.
    Jika harus mengeluarkan sekian banyak biaya utk penggantian komponen tapi dari biaya tsb tidak sebanding dengan manfaat yang akan di peroleh, knapa harus ganti komponen ?
    Skrg juga banyak perusahaan jasa yang menyewakan mesin fotokopi.

    thhelenf@yahoo.com

    ReplyDelete
  139. Cost adalah suatu nilai yang melekat pada sesuatu yang dibelanjakan, contohnya membeli sebuah mobil yang kemudian harganya menjadi lebih besar karena ada biaya yang harus dibayar seperti tambahan accessories, anti karat sehingga harga mobil tersebut adalah sudah termasuk accessories dan anti karat tsb. sedangkan biaya yang dikeluarkan untuk membeli bensin, ongkos menuju ke dealer, parkir dll adalah expenses.
    Demikian jawabannya.

    ReplyDelete
  140. Maaf pak putra saya mau ikut menjawab apa perbedaan Cost dan Expense? Jawaban saya adalah jika cost bisa diartikan dua arti pertama bisa sebagai biaya, tetapi bisa juga sebagai harga suatu produk, contoh untuk mengatakan harga suatu barang misal how much cost it? sedangkan Expense mempunyai 1 arti saja yaitu biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan suatu produk, demikian pak Putra mudah2an saya mendapatkan kiriman dari bapak terima kasih.(Denia) email saya Dea_Tuty@yahoo.com

    ReplyDelete
  141. cost sejumlah uang dikeluarkan untuk mendapat manfaat kembali dari uang dikeluarkan tersebut (contoh, pembelian bahan baku) dan biasanya yang berhubungan langsung dengan operasional
    Expense sejumlah uang dikeluarkan untuk dan dalam prosesnya tidak secara langsung terlibat dalam prose produksi mendapatkan manfaat, misal biaya pemeliharaan dsb

    ReplyDelete
  142. Coba saya jawab ya Mbah .....
    sorry kalo salah, tapi tolong dong .... saya perlu nih, buat bantu temen......

    Menurut saya, Cost itu adalah pengeluaran uang yang dipergunakan untuk membiayai semua pengeluaran yagn ada sangkutpautnya dengan produksi secara langsung. Misalkan saja untuk saja pembelian bahan baku, pembelian alat. dan tenaga kerja.
    Sedangkan Expense itu, adalah pengeluaran uang untuk membiayai keperluan dalam jangka waktu yang lebih sempit. dan biasanya untuk membiayai pengeluaran harian atau bulanan, yang relatif lebih kecil. Selain itu, penempatan coat juga berbeda dengan expense. Cost itu diklasifikasikan ke dalam Balance Sheet, sedangakan Expense masuknya ke Profit and Loss.

    ReplyDelete
  143. Vega P. Ginting6/11/08 8:37 PM

    Dear P' Putra saya coba ikutan menjawab dong bolehkan....?
    menurut saya :
    cost :merupakan sejumlah dana yang dikeluarkan untuk mendapatkan suatu barang atau jasa yang diperlukan oleh perusahaan untuk memperoleh suatu penghasilan bagi perusahaan dan ini cenderung bersifat variabel contoh; pembelian bahan baku, packing

    biaya :merupakan sejumlah dana yangn tidak dapat dihindarkan pengeluarannya dan cenderung bersifat fix contoh: biaya listrik, air, telepon, gaji

    Sedangkan mengenai mesin FC,
    Hal pertama adalah melihat umur ekonomisnya apakah masih tersisa atau sudah habis, jika sudah habis maka lebih baik dibeli baru atau dapat juga melakukan trade in.
    jika nilai sisa mesin FC ini lebih kecil dari biaya perawatan yang dilakukan maka lebih baik trade in saja dan jika lebih besar nilai sisa maka lebih baik diperbaiki saja

    Salam

    Vega P.G
    v_ginting@yahoo.com

    Trims sebelumnya atas tersedianya spreadsheet ini sangat membantu dalam pekerjaan saya. Mohon dikirim dong pak...........:-)

    ReplyDelete
  144. Dear Pak Putra,

    Secara umum ada 2 pertimbangan pokok untuk memutuskan agar aktivitas copy mengcopy tetap efektif, yaitu apakah mesin fotocopy itu akan dipertahankan sbg alat kerja yg terus dimantaining perusahaan atau dijual dan diganti dg system outsource agar tidak membebani bisnis utamanya. Jadi kalau aktivitas fotocopy memang dihitung lebih efisien dg sistem outsource (dalam kasus ini asumsi saya begitu), ya langsung saja saya putuskan menjual mesin fotocopy yg rusak dan segera outsourcingkan penyediaan mesin FC ini. Simpel dan efisien, betul ndak Pak Putra?

    Moga2 bisa segera dapat kiriman spreadshhetnya pak,hehehe,many thanks

    Regards,
    moestijanto@yahoo.cm

    ReplyDelete
  145. Dear Pak Putra,

    Secara sederhana ada hal yg saya perlu tahu dulu sbg pertimbangkan, apakah aktivitas fotocopy ini merupakan suatu kegiatan/unit kerja besar yg sangat menopang bisnis utama atau tidak. Asumsi saya aktivitas FC ini bukan penopang bisnis utama (ini jadi simpel karena Pak Putra tidak menentukan di deskripsi kasusnya), jadi saya ambil keputusan m/c FC nya saya jual (diperbaiki dulu/tidak bisa diitung untung ruginya), saat bersamaan saya sudah mengambil partner outsourcing untuk penyediaan fasilitas FC ini. Simpel dan efisien, betul begitu ya Pak Putra?

    Saya tunggu kiriman spreadsheetnya ini, hehehe

    Thanks n reagrds,

    moestijanto@yahoo.com

    ReplyDelete
  146. Dear P Putra..
    Saya coba ikutan kasih pendapata nih.
    Mengenai perbedaan Cost dan Beban menurut saya sederhana saja.
    Cost : Biaya yang sudah betul-betul terjadi/dikeluarkan
    Beban : Biaya yang belum semuanya terjadi, tetapi sudah dibebankan
    Analoginya pada sebuah Lilin, Maka Lilin-nya adalah Beban, sedangkan bagian lilin yang sudah terbakar merupakan Cost.

    Trus..mengenai tindakan yang harus dilakukan pada saat banyak komponent mesin photocopy rusak, adalah:
    1. Hitung total biaya penggantian sparepart
    2. Hitung umur ekonomis mesin Photocopy
    3. Jika ternyata jumlah biaya yg harus dikeluarkan untuk sparepart besar dan umur ekonomis mesin sudah hampir habis lebih baik dilakukan penggantian mesin, karena kan lebih effisien.
    Demikian , saya tunggu kirimannya ke aghni.alfawaz@gmail.com

    ReplyDelete
  147. biaya atau cost adalah pengeluaran yang berhubngan langsung dengan produk yang kita hasilkan. seperti biaya upah,biaya bahan baku,biaya overhead dll.untuk karekteristiknya sulit untuk dihindarkan...
    sedangkan untuk beban atau expense cenderung bisa dihindarkan. utuk pengertiannya pengeluaran yang tidak berhubungan langsung dengan produk yang dihasilkan.seperti beban telpon,beban gaji.
    yang menjadi masalah adalah jika kita bandingkan antara beban dan biaya pada saat perusahaan jasa.karena produk yang dihasilkan adalah jasa.

    ReplyDelete
  148. kang admin maaf saya lupa mencantukan alamat email.ini alamat email saya : ya2n_22@yahoo.com
    terimaksih.

    ReplyDelete
  149. Pak, saya mau dong spreadsheet cashflow dan balance sheet dan semuanya.. ^^

    Jawaban saya :

    Expense = biaya yang secara langsung atau tidak langsung
    telah dimanfaatkan di dalam usaha menghasilkan pendapatan dalam suatu periode,
    atau yang sudah tidak memberikan manfaat ekonomis untuk kegiatan masa
    berikutnya.

    Cost = pengorbanan yang diperlukan untuk
    memperoleh barang dan jasa.


    Saya sudah cari-cari jawaban malah bingung sendiri bisa tolong dibantu email perbedaannya?

    Karena di perusahaan saya (produksi makanan restoran):
    cost = total biaya per recipe (bahan makanan yang digunakan masing-masing resep - murni hanya dari bahan makanan) tanpa memperhitungkan biaya listrik,gaji,dsb.

    Jadi harga per resep hanya murni harga bahan (tanpa ongkos kerja nya).

    Kalau yang seperti itu bukannya cost nya jadi salah ya Pak?


    Regards,

    silvani86@yahoo.com

    ReplyDelete
  150. Menurut saya,

    Cost = biaya yang dikeluarkan yang bertujuan secara langsung pada profit perusahaan. (contoh: sebuah bengkel membeli suku cadang untuk customernya)

    Expenses = Biaya yang dikeluarkan untuk membiayai kelangsungan hidup perusahaan dan menunjang kegiatan operasional. (misal: bengkel membeli peralatan bengkel seperti obeng,tang,dll.)

    *mohon koreksi jika salah,,thanks..:)

    Tri Munanto
    a newbie Accounting Staff :)
    email: nanto@inbox.com

    ReplyDelete
  151. Cost: biaya yang dikeluarkan untuk produk yang belum diambil manfaatnya.
    Expense: biaya yang dikeluarkan untuk produk yang sudah diambil manfaatnya.
    Himawan
    himawank@gmail.com

    ReplyDelete
  152. cost adalah biaya-biaya yang berkaitan langsung dengan produk/jasa yang kita jual. misalnya: biaya bahan baku, biaya gaji karyawan pabrik, biaya listrik pabrik, penyusutan mesin pabrik, biaya narasumber (utk perusahaan training), honor artis (utk jasa perfilman). biasanya cost dipakai untuk menghitung HPP.
    sedangkan expenses adalah biaya-biaya yang tidak terkait langsung dengan produk/jasa yang kita jual. misalnya: biaya listrik kantor, biaya sewa kantor, penyusutan alat2 kantor,gaji kary. kantor, gaji direktur, dan biaya2 lain yang sulit utk dibebankan secara langsung ke produk/jasa yang kita jual

    ReplyDelete
  153. kl Biaya lebih ke pengeluaran untuk memperoleh penghasilan sedangkan beban lebih ke pengeluaran yang tidak dapat memperoleh penghasilan artinya ya sudah jd beban aja.

    ReplyDelete
  154. tentang mesin fotocopi yang rusak..
    saya akan melihat umur ekonomisnya terlebih dahulu.jika umurnya ekonomisnya tinggal kurang dari 25% maka saya akan menjualnya agar menghemat biaya perbaikan dan maintenancenya(soalnya mesin tua selalu ada masalah).
    Lebih hemat menyewa mesin fotocopy daripada membeli yang baru.

    Trims,

    lynlyn_lyn@yahoo.com

    ReplyDelete
  155. pak saya bisa minta tolong ,saya binggung pak saya bru diperusahahan ini saya sekarang di bagian Finace nya sementara saya udah diminta buat laporan kas akhir tahun, sementara ini sama sekali bukan jururan saya waktu saya kuliah jdi saya binggung pak karna direksi mempercayakan saya keungannya sekarang saya mesti belajar sendiri cari tahu apakah bapak bisa membantu saya saya butuh report kas akhir tahun perusahhan ini berjalan baru 8 bulan terakhir ini dan bergerak di bidang jasa angkut batubara dimana penerimaannya kas nya berdasar kan invoice yang kita tagihkan berdasarkan jasa yg kita berikan, batu saya pak bagaimana bentuk laporan kas hariannya dan bulannan nya serta untuk laporan kas akhir tahun ini tolong saya pak

    ReplyDelete
  156. pagi pak,,,gini pak saya binggung bagai mana cara buat laporan kas akhir tahun, sementara saya baru loh di perusahahan ini sementara direksi mempercayakan kepada saya sebagai finace nya perusaj\haan saya begerak di bidang jasa angkut batubara saya mohon bantuan bapak buntuk buat buat contok laporan kas harian, bulanan,dan akhir tahun, pendapatan kas kami bersal dari invoice yg kami tagihakan berdasarkan berapa banyak jasa angut batubara yg kami angkut / berdasar MT /tonase dari sana lah pendapatan kas kami pak semuanya.kadang2 pengeluaran kami, lebih besar dr pendapatan kami pak , apakan pendapatan yg minus tepap harus di keluarkan pajak nya pak? mohon bantuanya makasih pak saya tunggu.

    ReplyDelete
  157. Yth, Bp Putra

    Menurut pendapat saya,

    Cost, adalah pengeluaran-2 baik dalam bentuk :
    - tunai
    - pemindahan kekayaan
    - pengeluaran modal saham
    - jasa-2 yang diserahkan, atau
    - hutang yang ditimbulkannya
    dalam hubungannya dengan barang atau jasa yang diperoleh atau akan diperoleh.

    Pengeluaran-2 tersebut bila belum terpakai digolongkan sebagai asset, sedangkan yang sudah terpakai disebut Expense.

    Contoh,
    Perolehan inventaris dan persekot asuransi adalah Cost.
    Sedangkan inventaris yang disusutkan dalam suatu periode atau premi asuransi yang diperhitungkan dalam suatu periode adalah merupakan Expense.

    Terimi kasih.
    Salam,
    Budi Sujarwanto
    budisujarwanto@yahoo.com

    ReplyDelete
  158. Dear Mr.Putra,

    Menurut saya cost (biaya) adalah segala pengeluaran yang dikeluarkan untuk memperoleh aktiva, memenuhi kewajiban.
    contoh: membeli komputer pasti membutuhkan biaya yang harus dikeluarkan.

    Sedangkan Expense (beban) adalah Segala bentuk biaya yang telah habis masa manfaatnya untuk keperluan yang dilakukan oleh perusahaan. dalam hal ini berarti ada penggunaan dari biaya yang telah dikeluarkan
    contoh: beban penyusutan, beban amortisasi,dll

    email : silverouse@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  159. Meburut saya nich :
    Cost = Biaya untuk investasi
    exp: pembelian kendaraan kantor
    Expense : Biaya untuk perbaikan kendaran tsb.
    exp. service berkala.

    thx alot.

    mail ke: u_joinall@yahoo.com

    ReplyDelete
  160. cost = pengeluaran yg belum atau sudah terjadi/ dilakukan, yang kelihatan atau tidak kelihatan, baik disengaja maupun tidak disengaja, berupa uang ataupun yg lainnya.

    expenses = pengurangan dari perhitungan pendapatan yang sudah di alokasikan dalam satu masa dan sudah diperkirakan jumlahnya.

    thx,
    danilmardani@gmail.com

    ReplyDelete
  161. Menurut saya Cost (Kos) yakni nilai pengganti yang harus kita keluarkan bilamana kita membeli/memperoleh/menggunakan barang/jasa yang harus secara langsung dicatat sebagai biaya atas perolehan barang tersebut contoh: biaya foto copy,biaya listrik,air & telpon, biaya gaji ; sedangkan expense (beban) adalah nilai pengganti atas perolehan atas barang atau jasa yang pemberlakuannya sebagai biaya ditangguhkan (pembebanannya bukan padasaat terjadinya arus kas keluar)/masih dimasukkan sebagai aktiva (digolongkan ke dlm aktiva/assets) pencatatannya diperlakukan sebagai misal:beban dibayar,asuransi dibayar dimuka,pajak dibayar dimuka,sewa dibayar dimuka. Nanti diamortisasi bertahap. (glendvm@yahoo.com)

    ReplyDelete
  162. Yth Pak Putra
    Semoga quiznya masih berlaku dan saya bisa mendapatkan spreadsheetnya....

    menurut saya, Cost adalah biaya dimana kita masih memperoleh manfaat dimasa depan dan biasanya masuk di neraca dan expense adalah biaya yang terjadi setelah kita memperoleh manfaatnya dan biasanya ada di lap laba rugi. Contohnya jika kita membeli peralatan kantor seperti komputer misalkan untuk operasional perusahaan kita maka ada cost yang harus kita bayar dari pembelian itu tetapi pada akhir bulan ada biaya penyusutan atas peralatan kantor tersebut. nah... penyusutan itu yang dinamakan expense.

    sedangkan untuk quiz ke2,yang akan saya lakukan melihat dulu nilai ekonomisnya,alternatif2yang bisa diambil,biaya2 yang tjd atas alternatif2 tersebut kemudian memilih mana yang paling efektif dan efisien yang menimbulkan biaya minim tapi manfaat yang maximal.
    begitu kira-kira...

    semoga saya bisa mendapatkan spreadsheetnya karena saya sangat membutuhkannya pak.

    terimakasih
    nia
    email : andinia_putri@yahoo.com

    ReplyDelete
  163. Pak Putra, untuk jawaban saya tidak masuk yg mendapatkan spreadsheet cash flow gratis dari bpk ya ? :-)
    koq tidak ada tanggapan?

    thx

    ReplyDelete
  164. Rudy Asaf Ayub Pesiwarissa10/2/09 9:33 AM

    dear Pak Putra :
    1. expense is the outflow of cash or other valuable assets from a party/company to other party(s)/company(s), for an item or servce, or a category of cost.
    example: payments to supplyers, employees, factory leases, depr, etc.
    2. cost is total money, time, or resources asssociated with a purchase or activity.
    example : operating cost, USD/ton
    cost of capital, ntersest.
    Hopefully it is right.
    Regards, Rudy

    ReplyDelete
  165. Cost dan Expense sama-sama memiliki pengertian sebagai biaya hanya berbeda pada manfaat yang didapatnya, yakni:
    Cost merupakan biaya namun manfaat yang didapatnya belum bisa dirasakan.
    Contoh : biaya pajak, didalam laporan keuangan biasanya baru diasumsikan persentase besarnya pajak dan belum terealisasi.
    Expense merupakan biaya atau pengeluaran yang mana manfaatnya sudah dapat dirasakan.
    Contoh : biaya gaji, operating expense. Di dalam biaya tersebut manfaat yang didapat sudah dirasakan/terealisasi.

    Thanks, Pak Putra.

    andie.sofyan.oey@gmail.com

    ReplyDelete
  166. expense = biaya
    Jumlah aktiva yang terpakai / jasa yang diperlukan untuk memperoleh pendapatan. Contoh bayar gaji

    Cost = biaya
    Pengorbanan yang dilakukan bagi barang & jasa. Dapat berbentuk biaya pengeluaran atas suatu biaya oportunitas (opportunity cost)

    ReplyDelete
  167. Saya termasuk awam di dunia akunting, dan kurang begitu paham secara definisi perbedaan antara "cost" dan "expense".
    Namun karena sy termasuk ngotot pengen program cash flow ini, jadi saya coba pelajari.
    Nah, sejauh pengetahuan sy, "cost" diistilahkan untuk pengeluaran biaya pada aset (nantinya masuk dalam Neraca), seperti beli komputer, mobil, dll. Sementara "expense" diistilahkan untuk pengeluaran biaya pada di luar aset (nantinya masuk dalam Rugi-Laba), seperti biaya gaji, lembur, biaya operasional, dll.
    Ga tau apakah di atas sdh dikomen karena ga sempat baca komen.
    Semoga jawaban ini bisa membuka kunci "free spreadsheet Cash Flow Statement" mas :)

    ini emailnya (jangan lupa)
    m.assagaf@yahoo.com

    Salam

    ReplyDelete
  168. Saya coba jawab yang tentag FC :

    Dijaman sekarang banyak perusahaan yang menawarkan jasa rental mesin FC. Saya akan membandingkan biaya mana yang lebih kecil antara memiliki mesin FC sendiri atau menggunakan jasa rental yg di dalamnya sudah termasuk jasa perwatan dan servis.
    Kita lihat juga dr sisi volume pemakaian mesin FC di kantor, bayangkan kalau kita memiliki mesin FC sendri dgn volume pemakaian yg besar tentu saja perwatannya jg akan lbh besar, lebih baik saya mengajukan untuk menggunakan jasa rental yg sdh termasuk jasa perwatan di dalamnya.

    fadillah_siregar@yahoo.com

    ReplyDelete
  169. Ass. Pak Putra, saya sangat berminat dengan cash flow spreadsheet-nya. Saya tidak punya dasar pendidikan tentang ini. Saat ini saya sangat kesulitan untuk membuat laporan keuangan dari sebuah yayasan tempat saya bekerja, mudah-mudahan program dari bapak dapat menolong saya. Saya mencoba untuk menjawab quiznya:
    Cost = biaya yang dikeluarkan untuk membeli barang modal.
    Expense = biaya untuk pengeluaran rutin (operasional)

    Demikian, mudah-mudahan berkenan.

    Wass. R.D.Anggana
    (rd.anggana@ymail.com

    ReplyDelete
  170. Dear Pak Putra,

    Menurut saya cost adalah biaya atas kegiatan perusahaan (berhubungan langsung maupun tidak langsung) ditampilkan dilaporan laba rugi, namun lgsg habis pada saat itu juga, sehingga tidak ada penyusutannya.
    Contoh : by. gaji, By. transportasi, by. kirim

    Sedangkan expense adalah beban yang dikeluarkan atas kegiatan perusahaan yg ditampilkan di neraca, dan memiliki masa manfaat sehingga harus dihitung penyusutannya.
    Contoh : By. depresiasi, Prepaid insurance.

    Mudah2an jawaban ini benar menurut bapak, Thanks..

    ngageclassicboy@yahoo.com

    ReplyDelete
  171. maaf, saya minta bantuanntya kepada rekan2 , apa perbedaannya antara cash flow, LE(letter estimate) dan forcast.
    kira2 brpa lama yah bisa saya plajari

    mkasih

    ReplyDelete
  172. "MESIN PHOTO COPY DI KANTOR ANDA RUSAK, HASILNYA KABUR. SETELAH DI CHECK OLEH BAGIAN MAINTENANCE TERNYATA BANYAK COMPONENT YANG RUSAK DAN MEMERLUKAN PENGGANTIAN, APA YANG AKAN ANDA LAKUKAN?"Pilihan yang cukup berat untuk dijawab :D, karena saya orang teknik beberapa opsi yang saya miliki adalah cek harga komponen tersebut, bandingkan dengan harga penggantian produk tersebut. Kendala yang mungkin terjadi adalah sudah hilangnya tipe produk tersebut di pasaran karena sudah tidak di produksi oleh manufaktur-nya, sedangkan komponen produk tersebut masih disediakan oleh manufakturnya (dimana harganya juga sangat mahal). Disisi lain adalah produk tipe baru sebagai pengganti yang ditawarkan memang lebih baru, tetapi biaya maintenance lebih tinggi dengan harga produk yang lebih murah. Solusi yang bisa saya berikan kepada pimpinan adalah dengan melihat spesifikasi produk yang rusak tersebut, jika spesifikasi produk tersebut lebih tinggi dari produk baru yang ditawarkan maka saya akan memilih penggantian komponen yang rusak tadi.

    Pertanyaan ini telah saya alami sendiri di kantor saya dengan mesin printer laser multifungsi. Adapun strategi bisnis produk-produk tersebut sangat aneh bagi saya, dimana produk terbaru bukan merupakan produk yang lebih baik dengan biaya maintenance lebih murah, melainkan produk yang lebih canggih tetapi tidak sehebat produk lama mereka
    misal:
    - produk lama mampu mencetak sampai 1200 dpi, produk baru hanya mampu mencetak sampai 600 dpi
    - produk lama mampu mencetak lebih banyak dibandingkan produk baru per cartridge toner-nya
    cost : biaya yang langsung dibebankan (gaji, listrik, air, telpon) expense : biaya yang dimasukkan dalam penyusutan (kendaraan dinas, mesin-mesin dan alat-alat untuk menjalankan pekerjaan)email : l50x.leo@gmail.com

    ReplyDelete
  173. Expense lebih mengarah ke biaya operasional perusahaan, yang mana expense ini adalah biaya yg berperan sebagai penunjang dari jalannya suatu perusahaan, contoh biaya telepon, listrik, gaji, asuransi

    Cost, biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan suatu barang, sehingga bisa terbentuk penjualan. contohnya, semua biaya produksi yang tergabung dalam harga pokok penjualan.

    email : her2812lin@hotmail.com

    ReplyDelete
  174. Pak Putra
    Selamat malam. Salam kenal pak. Saya akan menjawab Quiz yang bapak ajukan.
    Langkah- langkah yang akan dilakukan adalah :
    Mengumpulkan informasi tentang
    1.Nilai buku dari mesin fc tersebut.
    Jika masa manfaatnya sudah habis atau mendekati masa uzurnya, maka sebaiknya di tukar tambah dengan yang baru. Tetapi jika umur ekonomisnya masih panjang, maka hal yang pertama dilakukan adalah mencari penyebab dari kerusakan komponen. Hal ini bertujuan untuk dijadikan pembelajaran kedepannya dalam pemakaian mesin fc. Kemudian lanjut ke tahap 2.
    2.Perbandingan biaya. Mana yang lebih efisien biayanya dan sesuai dengan manfaat yang ingin diperoleh(keekonomisan) yaitu antara biaya komponen baru + service dengan membeli mesin baru.
    Agar tidak mengganggu jalannya operasi perusahaan, maka dalam masa proses pengambilan keputusan ini menggunakan jasa sewa fc.
    trims…n spreedsheetnya di kirim ya pak

    Ilyas kim batubara: ilyaskim09@gmail.com

    ReplyDelete
  175. Selamat Siang Pak Putra...Saya akan mencoba menjawab perbedaan cost dengan expense...Cost adalah semua bentuk pengeluaran uang yang biasanya dikapitalisasi , sedangkan expense adalah cost yang sudah expired / digunakan, misalnya : ketika pertama membeli bangunan semua biaya awal dikapitalisasi dan merupakan cost, dan kemudian menjadi expense (depr.exp) setelah digunakan...

    Nb : Spreadsheet cash flownya jangan lupa..by : maksumasep@yahoo.com

    ReplyDelete
  176. Menurut aq cost itu sifatnya lebih luas drpd expense. Cost lebih ke arti pembiayaan dan expense lebih ke arti biaya yang habis dipakai.

    ReplyDelete
  177. Selamat siang. Menurut saya Cost itu lebih kepada sesuatu yang sumber dananya untuk keperluan utama perusahaan, misalnya Cost Of Good Sold; sedangkan Expense hanya sebagai pendukung istilah pengeluaran uang dalam satu perusahaan.

    Spreadsheetnya tolong kirim ke nalom_sbrn@yahoo.com ya..
    Regards, Nalom.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  178. Selamat malam,
    Mau tanya masalah free spreadsheet Cash Flow Statament, walau free tapi kan ada biayanya,
    Kalau masalah quis
    cost adalah biaya yang dikeluarkan oleh saya.
    Sedangkan expense adalah biaya yang dikeluarkan setelah pendapatan yang Bapak terima

    farid.wsp@gmail.com

    ReplyDelete
  179. Kalau cost merupakan biaya yang dikeluarkan untuk sesuatu yang bersifat jangka panjang, biasanya berada di dalam Balance Sheet. Misalnya Cost untuk memperoleh Fixed Asset
    Sedangkan expense adalah beban yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk sesuatu yang berjangka pendek, biasanya ada di dalam kategori Income Statement. Misalnya yang termasuk expense adalah beban gaji, beban pemeliharaan, atau beban angkut.
    Hal-hal tersebut memiliki jangka waktu yang pendek

    Kira-kira itu penjelasan dari saya...
    terimakasih pak...

    e-mail: satria_baharu@yahoo.com

    ReplyDelete
  180. cost adalah pembayaran cash yang menyebabkan timbulnya pendapatan

    expense adalah aset yang di habiskan dan di proses agar mengahislkan

    udinbaharuddin@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  181. Biaya (cost) merupakan biaya yang belum dialokasikan, yang akan memberikan manfaat di masa yang akan datang, oleh karena itu biaya (cost) dikapitalisasi sebagai aktiva dan dimasukkan sebagai komponen Neraca.
    Contoh : semua biaya yg di bayar di muka.

    Sedangkan beban (expenses) adalah biaya dari aktiva yang telah dikorbankan dalam usaha memperoleh pendapatan dalam suatu periode akuntansi dan tidak memberikan manfaat dalam periode yang akan datang.
    Contoh : biaya operasional

    Email : ika.sweety@gmail.com

    ReplyDelete
  182. Slamet siang Mas Putra,
    Menurut pendapat saya ;
    > Cost
    Merupakan nilai,harga yang dikeluarkan dengan suatu manfaat ekonomisnya bersifat jangka panjang.
    Contoh : Pembelian Aktiva tetap (Bangunan,tanah,kendaraan & Peralatan kantor), investasi (saham,obligasi & Deposito) dan Gaji Karyawan
    > Expense
    Merupakan suatu beban biaya yang dikeluarkan yang bersifat jangka pendek.
    Contoh : Biaya kantor, BBM, ADM Bank,penyusutan dsb.

    Salam,
    Email : haris31chan@gmail.com

    ReplyDelete
  183. robertus.m3@gmail.com2/8/09 11:27 PM

    Met siang mas putra ....

    Cost itu adalah segala sesuatu pengeluaran yang berkaitan/mempengaruhi harga pokok, misalnya Upah langsung....

    Dan expenses itu adalah biaya yang tidak mempengaruhi harga pokok, misalnya : biaya langgnan koran...

    Terima kasih.

    Email : robertus.m3@gmail.com
    Mohon di kirimkan form cashflownya yaaa ke email itu...

    Thks

    ReplyDelete
  184. Cost adalah merupakan seluruh pengeluaran yang dipakai untuk membeli bahan baku, proses hingga menjadi output.
    contoh ; beli tepung, telor , gula dan bahan-bahan pembuat roti, upah masak , sewa dapur/alat-alat dapur hingga terciptalah ROTI Kelapa yang sudah terbungkus plastik, itulah COST untuk menjadi roti siap jual.

    Expenses adalah segala pengeluaran yang dipakai untuk menyimpan hingga menjadikan roti itu menjadi uang.
    contoh : Biaya penyimpanan kue, pemasaran, sewa kios , biaya gaji penjual dll hingga kue itu mendapatkan penghasilan.

    ReplyDelete
  185. Oke Langsung aja saya jawab pertanyaannya.
    1.
    Menurut saya Cost=biaya, adalah suatu pengorbanan yang kita keluarkan untuk sesuatu yang telah memberikan manfaat yang sifatnya tidak continue Contoh yang termasuk biaya adalah biaya transport, biaya instalasi listrik, dll.

    Sedangkan expense=beban, adalah suatu pengorbanan yang kita keluarkan untuk sesuatu memberikan manfaat secara continue untuk kita. Contoh yang termasuk beban adalah beban gaji, beban penyusutan, beban listrik, beban telepon, dll.

    2.
    Hal yang pertama yang akan saya lakukan adalah:
    a. Menghitung harga perbaikan mesin.
    b. Mencari tau harga jual mesin.
    c. Mencari tau harga perolehan mesin yang baru.

    Setelah mengetahui itu itu semua baru saya akan membuat keputusan :
    a. Memperbaiki mesin, atau
    b. Menjual mesin lama dan membeli mesin baru.
    ===================================
    Pak Putra, saya saat ini butuh spreadsheet cashflow. Saya harap kiriman-nya dilakukan secepatnya.
    Terima Kasih.
    rickoaja@ymail.com
    rickodwiyanto@gmail.com

    ReplyDelete
  186. Dear Pak Putra

    Menurut saya cost dan expense adalah
    Cost merupakan unit pengukur atau bahan olah akuntansi,
    biaya merupakan pengorbanan sumber ekonomik untuk memperoleh pendapatan.

    Please help aku butuh spread cash flownya!!

    terima kasih sebelumnya!!

    salam
    Teddy
    teddy3170@yahoo.com

    ReplyDelete
  187. Dear Pak Putra,

    saya mau ikutan jawab perbedaan Cost vs expenses. Kalo expense adalah pengeluaran yg habis pakai dalam 1 periode buku, sedangkan Cost adalah pengeluaran yg depreciable atau digunakan untuk menghasilkan revenue kembali.

    Trus tentang mesin fotocopy :
    1. Hitung biaya perbaikan dan sisa umur ekonomis mesin lama.
    2. Bandingkan dgn biaya perolehan dan O&M mesin baru plus umur barunya, langsung deh keliatan mana yg lebih ekonomis.

    Terima kasih sebelumnya pak, saya butuh banget spreadsheetnya.
    nayla76@gmail.com

    ReplyDelete
  188. Biaya (cost) merupakan biaya yang belum dialokasikan, yang akan memberikan manfaat di masa yang akan datang, oleh karena itu biaya (cost) dikapitalisasi sebagai aktiva dan dimasukkan sebagai komponen Neraca. Sedangkan beban (expenses) adalah biaya dari aktiva yang telah dikorbankan dalam usaha memperoleh pendapatan dalam suatu periode akuntansi dan tidak memberikan manfaat dalam periode yang akan datang. Beban (expenses) dimasukkan dalam laporan laba rugi sebagai pengurang dari pendapatan. Biaya merupakan unexpired cost dan beban merupakan expired cost.
    from:
    epal_86@yahoo.com

    ReplyDelete
  189. Perbedaan biaya (cost) dengan beban (expense) ;
    Biaya merupakan salah satu kesatuan menambahnya nilai dari barang yang diproduksi atau jasa yang diolah sebagai biaya langsung dan biaya tidak langsung dan umumnya biaya tidak dapat ditempatkan diluar aktivitas biaya itu timbul contoh nya
    rekening telephone atau rek listrik yang dipakai oleh perusahaan tidak dapat di keluarkan sebagai biaya diluar perusahaan.
    Beban merupakan salah satu aktivitas yang timbul dari perusahaan pada umumnya beban dapat ditempatkan dimana saja dalam aktivitas perusahaan atau diluar perusahaan contohnya mobil perusahaan yang diasuransikan terjadi kecelakaan semua yang timbul akibat kecelakaan tsb adalah beban dari asuransi dan bukan biaya perusahaan dan hal lain yang berhubungan dengan pemakaian pribadi direktur atw pemegang saham dimana transaksinya melalui perusahaan(pengeluaran dana/barang perusahaan) adalah beban ybs

    email : erviansyah@yahoo.com

    ReplyDelete
  190. cost : modal yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan untuk melakukan bisnisnya, misal jasa, service atau memproduksi produknya

    Expenses adalah segala pengeluaran yang berkaitan dengan pendapatan yang diterima atau akan diterima oleh perusahaan

    ReplyDelete
  191. Dalam perspektif saya, cost merupakan pengeluaran perusahaan yang nilainya cukup material untuk memperoleh suatu aktiva.
    Sedangkan expenses merupakan pengeluaran yang dilakukan untuk memperoleh pendapatan operasional usaha.
    Untuk kasus mesin fotokopi, jika kerusakan komponen mengakibatkan pengeluaran yang lebih besar dan tidak sebannding dengan manfaat yang diperoleh, saya akan mempertimbangkan untuk membeli mesin yang baru.

    Danny Marahaly
    marahaly@gmail.com
    marahaly@yahoo.com

    ReplyDelete
  192. Cost adalah pengeluaran yang berhubungan langsung dengan produksi, contohnya Factory Supplies, Indirect material

    sedangkan Expenses adalah pengeluaran yang tidak berhubungan langsung dengan produksi
    misal biaya training, office supplies dan lain lain

    bambangs@teamworx.co.id
    cahayahatisoleh@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  193. Cost adalah pengorbanan ekonomi yg masa manfaatnya lebih dari satu periode akuntansi (Mis : Pembelian Printer untuk kantor)

    Expense adalah pengorbanan ekonomi yg masa manfaatnya kurang dari satu periode akuntansi (Pembelian tinta Printer)

    Aku pingin Spreatsheet cash flo

    ReplyDelete
  194. bagiku cost ama expanse sama aja... sama2 bayar.

    andreaku777@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  195. COST dan EXPENSE

    cost adalah pengeluaran untuk memperoleh aktiva yang akan digunakan untuk melakukan aktivitas memperoleh/ mendapatkan penghasilan.

    expense adalah pengeluaran yang sudah digunakan untuk aktivitas mendapatkan/memperoleh penghasilan.

    cost yang terpakai akan menjadi expense dalam satu periode akuntansi.

    contohnya pengeluaran untuk sewa (prepaid rent) merupakan cost, namun ketika telah digunakan menjadi beban sewa (rent expense).


    MESIN FOTOKOPI

    * membandingkan harga mesin baru dengan harga komponen yang rusak plus biaya service
    * mesin fotokopi dicek nilai bukunya
    * apabila nilai buku mesin sudah habis dan harga komponen yang rusak plus biaya service mendekati harga mesin baru, lebih baik mengganti mesin fotokopi lama dengan yang baru.

    terimakasih, mohon koreksinya (langsung saja via email) ke hari.sigit@gmail.com

    ReplyDelete
  196. Menurut Harnanto (1992, hal. 24), pengertian Beban (expenses) adalah penurunan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar atau berkurangnya aktiva atau terjadinya kewajiban yang mengakibatkan penurunan ekuitas yang tidak menyangkui pembagian kepada penanam modal. Biaya (cost) adalah jumlah uang yang dinyatakan dan sumber-sumber (ekonomi) yang dikorbankan terjadi dan akan terjadi untuk rnendapatkan sesuatu atau mencapai tujuan tertentu

    email :tata_putih@yahoo.com

    ReplyDelete
  197. - cost : beban, harga pokok
    cthny : cost of good sold
    - expense : biaya
    cthnya : salary expense, rent expense

    tp istilah tersebut belom tentu tepat. jadi untuk sebagian orang menggunakan istilah kos.

    Mohon di kirim spreadsheetnya ya Pa ke : pinx2_imoet@yahoo.co.id

    terima kasih

    ReplyDelete
  198. Pak Putra, kirimkan semuanya ke saya ya.

    ahvespa@yahoo.com

    ReplyDelete
  199. Saya adalah seorang teknisi. langkah awal yang saya ambil untuk permasalahan mesin fotokopi adalah :
    1.Menghitung umur pakai alat tersebut sesuai manual book dan memeriksa nilai bukunya .
    2.Menginventarisir kerusakan yang ada, apakah harus diganti ataukah bisa diperbaiki dan menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan.
    3.Memeriksa harga dipasaran dengan membandingkan kisaran harga mesin fotokopi baru dan harga perbaikan

    Nah, Saya akan memperbaiki mesin tersebut Jika usia pakai masih panjang dan biaya perbaikan kurang dari 50% dari harga baru yang setipe. Dan mengusulkan ke pimpinan untuk mengganti dengan yang baru jika biaya perbaikan melebihi 50% harga mesin baru.

    sditmadani.prpj@gmail.com

    ReplyDelete

Feel free to leave a comment :)

Accounting (Akuntansi), Financial (Keuangan) & Taxation (Perpajakan). Didedikasikan bagi mereka yang membutuhkan artikel, tips, Case study, spreadsheet & tools yang bersifat aplikatif.


Google
 

K A T E G O R I

Account Receivable (4) Accounting (93) Accounting Case Study (15) Accounting Certification (1) Accounting Contest (1) Accounting For Manager (4) Accounting Software (2) Acquisition (5) Advance accounting (6) Aktiva Tetap (16) Akuisisi (5) Akuntansi Biaya (3) Akuntansi Dasar (2) Akuntansi Management (4) Akuntansi Pajak (9) Akuntansi Translasi (2) Announcement (6) archiving (1) ARTICLES (4) ARTIKEL (91) Audit Kinerja (1) Auditing (3) Balance sheet (1) Bank (1) Basic Accounting (1) Bea Cukai (4) Bea Masuk (7) Calculator (2) Capital (1) Career (2) Cash (1) Cash Flow (3) Certification (1) COGS (11) Contest (1) Cost (18) Cost Analysis (12) CPA (2) CPA EXAM (1) Credit (1) Credit Policy (1) Current Asset (1) Data (1) Discount (1) Diskon (1) Duty (1) Expense (4) Export - Import (15) FASB (1) Finance (8) FINANCIAL (16) Financial Control (10) Foreign Exchange Rate (1) Form (2) FOTO (1) FRAUD (2) Free Download (9) Freebies (6) GAAP (1) GAJI (3) Garansi (1) Gift (1) Goodwill (1) Hotel (1) IFRS (1) Import (5) Import Duty (7) International Accounting (1) Investasi (1) Job Vacant (1) Kas (6) Kas Bank (3) Kas Kecil (1) Kasus Akuntansi (3) Kasus Legal (2) Kasus Pajak (6) Keuangan (3) Komentar (1) Konsolidasi (4) Laba-Rugi (1) Lain-lain (15) LANDING COST (1) Laporan Arus Kas (2) Laporan Keuangan (9) Lean Accounting (1) Lean Concept (1) Lean Manufacturing (1) Legal (1) Lowongan Kerja Accounting (2) MA Accounting (3) Management Accounting (5) Merger (4) Miscellaneous (2) Modal (1) neraca (1) PAJAK (24) payroll (1) Pembelian (2) Pemberitahuan (3) Pendapatan (2) Pengakuan Pendapatan (1) Pengarsipan (1) Pengendalian (6) Pengendalian Keuangan (15) PENGGELAPAN (1) Penjualan (1) Perlakuan akuntansi (2) Petty Cash (1) PHOTO (1) Piutang (1) PPH PASAL 21 (11) PPh Pasal 22 (3) PPh Pasal 26 (2) PPn (2) PPn Import (5) Professi Akuntan (1) Profit-Lost (1) PURCHASE (2) Quiz (1) Rabat (1) Rebate (1) Retur (1) Return (1) Revenue (4) Review (1) Sales (2) SERIE ARTIKEL (1) Sertifikasi (1) Shareholder (1) Shipping Agent (1) Shipping Charge (1) Soal dan Jawaban CPA (1) SPI (1) Spreadsheet Accounting (5) Spreadsheet Gratis (4) system pengendalian (1) system pengendalian gaji (1) Taxation (18) Template (2) Tip n Tricks (4) TIPS AND TRICKS (38) Tools (8) Tutup Buku (1) Ujian CPA (1) UPAH (3) update situs (2) USAP (2) Utilities (1) Video Tutor (1) warranty (1) What Is New (7)

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Mengapa perlu men-subscribe ?
Dengan men-subscribe, anda akan menerima pemberitahuan setiap kali ada update terbaru (artikel, tips, free download template, files, dll) dari ACCOUNTING, FINANCE & TAXATION langsung di INBOX e-mail anda.
Bagaimana caranya mensubscribe ?=> Ketik e-mail address anda (pada kolom yang disediakan diatas)=> Klik tombol "subscribe"=> Setelah men-klik tombol subscribe, akan muncul window (halaman) baru=> Pada halaman baru tersebut, masukkan kode validasi yang disediakan=> Klik tombol "subscribe"=> Masuk ke inbox email anda, lalu klik link verifikasi yang disediakan=> Selesai